Strategi Variasi Anchor Text dalam Menanam Backlink

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Anchor text merupakan kata atau kalimat yang mengandung link. Nantinya, apabila kata atau kalimat tersebut kita klik, maka, browser akan mengarahkan kita pada halaman baru.

Anchor text sangat berfungsi dalam optimasi SEO On Page dan SEO Off Page. Disinilah penggunaan anchor text harus diperhatikan guna meminimalisir pandangan Google bahwa situs kita merupakan situs spam.

Bila suatu anchor text sering kali digunakan, maka, besar kemungkinan situs tersebut akan dicap sebagai spamming oleh Google. Bila ini terjadi pada situs Anda, akan sulit untuk meraih halaman pertama Google. Bagaimana strategi agar anchor text tersebut tidak dicap sebagai spamming ?.

Anchor Text dalam SEO

Anchor Text dalam SEO

Jawabnya adalah variasikan anchor text yang digunakan. Berikut adalah beberapa variasi anchor text yang dapat kita gunakan dalam optimasi SEO.

Variasi Anchor Text

Brand

Anchor text pertama yang sering digunakan oleh pakar SEO dan blogger adalah menggunakan brand sebagai anchor text. Jika pada situs ini menggunakan backlink dengan achor text brand, maka http://prolapak.com, memiliki brand PROLAPAK.

Jadi, anchor text brand merupakan kata – kata yang digunakan pada domain tanpa ada unsur http://, www, dan ekstensinya (.com/.net/.id, dan sebagainya).

Usahakan dalam menanam backlink persentase dari anchor text brand lebih banyak daripada anchor text yang lainnya.

Domain

Anchor text domain merupakan anchor text yang menambahkan unsur http:// atau http://www disertai dengan ekstensi dari domain Anda. Sebagai contoh pada situs ini memiliki domain http://prolapak.com, maka anchor textnya http://prolapak.com. Jadi, kita mentah – mentah menjadikan domain beserta ekstensi sebagai anchor text.

Anchor text jenis ini lebih disarankan penggunaannya untuk situs yang masih baru, yang berguna untuk menjaga kenaturalan dari backlink yang Anda tanam.

Persentase untuk anchor text domain ini berada di bawah anchor text brand.

Brand + Keyword

Alternatif anchor text ketiga adalah brand + keyword. Misalnya, brand dari situs Anda adalah PRO LAPAK yang menargetkan keyword Belajar SEO. Untuk alternatif ketiga agar penggunaan anchor text dari penanam backlink makin bervariasi, maka, gunakanlah anchor text seperti berikut PROLAPAK | Belajar SEO.

Untuk keywordnya, silahkan digunakan keyword dengan variasi – variasi. Misalnya, PROLAPAK | Belajar SEO Pemula, PROLAPAK | SEO, Belajar SEO Gratis | PRO LAPAK, dan lain – lain.

Intinya formulanya adalah brand + keyword atau keyword + brand.

Random

Altenatif keempat adalah anchor text random, contoh dari anchor text random adalah klik ini, click here, baca ini, lebih lanjut, dan sebagainya.

Diharapkan penggunaan anchor text ini tidak terlalu sering, karena, fungsinya agar backlink yang kita tanam tetap terlihat natural oleh mesin pencari.

Keyword Utama

Jika Anda membidik keyword jual action figure anime, maka, Anda bisa langsung menggunakan keyword tersebut sebagai anchor text. Akan tetapi, perlu diperhatikan agar menggunakan anchor text dengan keyword utama tidak boleh sering – sering. Jika sering maka mesin pencari bisa menganggap kita sebagai spammer.

Persentase untuk penggunaan keyword utama sebaiknya rentang 0,1 – 2 % saja.

Keyword Variasi

Contoh pada artikel ini kita masih menggunakan keyword yang ditargetkan yakni jual action figure, keyword variasi yang dapat Anda gunakan dalam menanam backlink, sebagai berikut :

  • Jual action figure anime naruto
  • Action figure anime
  • Action figure sasuke
  • One piece action figure dijual
  • Action figure spiderman
  • Spiderman action figure terbaru
  • Figure naruto terbaru
  • dan sebagainya

Intinya, dalam penggunaan anchor text keyword variasi, variasikanlah setiap keywordnya, misalnya dengan menambah kata atau mengurangi kata.

Demikianlah pembahasan dari prolapak.com tentang variasi – variasi anchor text yang dapat kita gunakan dalam menanam backlink demi halaman pertama mesin pencari. Terus praktek dan bereksperimen, semoga artikel ini memberikan pencerahan, ya ! J

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

6 thoughts on “Strategi Variasi Anchor Text dalam Menanam Backlink”

  1. Plaza Bisnis - Tips Bisnis Entrepreneur says:

    Pada mulanya saya sering menanam BL dengan anchor variasi, tapi tampaknya sulit kalau bukan BL kontekstual. Karena jika BL comment blog berasa ‘nggak enak’ atau ‘kurang srek’ melihat comment blog orang dengan nama-nama anchor memakai keyword.

    Lebih recommended maksimalkan BL Brand. Cmiiw..

    Salam kenal 🙂
    Regards, Admin

  2. Reyhan Ivandi [ADMIN] says:

    Benar sekali Plaza Bisnis.
    Hasil saya “ngecontek” backlink dari kompetitor memang benar anchor text brand lebih sering digunakan daripada anchor yang lain.

  3. lasealwin says:

    Mantap. Kalau tentang SEO memang ceritanya teidak habis-habis teman. Terimakasih masukannya.

  4. Free APK premium | Download APK Gratis says:

    Makasih bro ,, langsung action ,action dan action buat tanam backlink

  5. Muhamad Taufik says:

    tapi menurut saya gan , kita dapat menanam Anchor tersebut di hanya berbagai site (yg menyediakan) kadang saya sering berkunjung ke teman blogger saya dan disana hanya menyediakan Kolon g+ untuk berkomentar , sedangkan di dalam komentar kita di larang untuk menanam link , mungkin sedikit atau bisa di bilang sangat munafik klo menurut saya , mereka ingin mencari backlink tapi tidak menyiapkan fasilitas di tempatnya untuk kita menanam backlink . Nah dengan hal tersebut kita tidak dapat menanam anchor text SEO seperti yg kita inginkan , sukur2 kalau ada OpenID :3

  6. desaingambarrumah.com says:

    thanks tipsnya mas Reyhan Ivan, Namun penjelasan tentang anchort textnya perlu juga di tambahi tentang persentase setiap anchort textnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 + nine =