Belajar Internet Marketing Full untuk Pemula

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn6Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Belajar internet marketing yang luar biasa untuk seorang pemula bukanlah hal yang mustahil, karena, mudah dipahami dan bisa langsung praktek tanpa modal yang begitu besar. Pada artikel ini kita akan membahas seluk beluk dunia internet marketing, mulai dari dasar hingga ke tingkat ilmu menengah yang mudah untuk dipahami.

Artikel ini penulis olah dari berbagai sumber, seperti anneahira.com, maxmanroe.com, dan situs lainnya.

Perkembangan internet yang begitu pesat seharusnya merupakan awal yang baik bagi bangsa Indonesia untuk lebih maju dan kemapanan perekonomian yang meningkat.

Saat ini Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia. Dengan hal ini, sebaiknya kita sebagai pengguna internet tidak lagi hanya sebatas sebagai seorang pengguna, menikmati karya orang lain, tapi, kita harus menjadi seorang produsen dan menciptakan suatu produk yang bernilai.

Salah satu cara untuk memanfaatkan internet sebagai produktivitas adalah dengan internet marketing, kita menggunakan internet sebagai media pemasaran dan media untuk mendapatkan penghasilan.

Belajar Internet Marketing

Gambaran Internet Marketing

Apa itu Internet Marketing?

Internet marketing merupakan upaya kita untuk memasarkan bisnis secara online melalui dunia digital.

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa.

Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_Internet

Tahap – Tahap Internet Marketing

Bagi rekan – rekan yang berminat pada internet marketing, berikut ada beberapa tahap – tahapnya yang saya peroleh dari situs AnneAhira.com.

  1. Tentukan tujuan. Dengan mengetahui tujuan kita dalam melakukan internet marketing, kita nantinya akan lebih mudah dalam menemukan tutorial internet marketing sesuai dengan tujuan kita.
  2. Pahamilah pasar yang pembaca targetkan. Apakah ada orang yang mencari barang tersebut di internet atau tidak. Jika ada langsung pelajari cara – cara pemasarannya.
  3. Seperti yang sudah kita ketahui, dalam setiap pemasaran pastinya dibutuhkan strategi untuk mengembangkan usaha yang kita jalani. Siapkan strategi yang diharapkan mampu mewujudkan tujuan kita.
  4. Setelah strategi – strategi yang Anda buat telah disiapkan, selanjutnya adalah Anda dapat mulai melakukan marketing atau pemasaran produk Anda tersebut di internet.
  5. Evaluasi memang sangat diharuskan agar usaha kita berkembang dalam pemasaran lewat internet ini. Selagi Anda menjalankan pemasaran lewat internet, lakukanlah evaluasi dari toll yang sudah Anda jalankan;

Untuk tahap ketiga dan keempat, lakukanlah hal berikut, rencana sekali, action berkali – kali. Karena, dalam dunia usaha action lebih berharga daripada teori dan pemahaman mendalam.

Baca juga ini : Cara Membuat Blog

Belajar Strategi Internet Marketing

Content Marketing

Content marketing jika kita artikan pada Bahasa Indonesia memiliki arti pemasaran melalui konten. Namun, pemasaran online pada saat ini tidak hanya sampai pemasaran melalui konten – konten saja, akan tetapi, lebih menekankan pada kebutuhan dan pendekatan secara emosional kepada konsumen.

Strategi content marketing yang digunakan agar produk bisnsi semakin laku, yakni strategi soft selling. Sudah tidak zamannya lagi melakukan promosi hard selling, kini zamannya soft selling dimana kita memengaruhi emosional pembeli agar ia terus terbujuk dan akhirnya membeli produk bisnis kita.

Kenapa saya meletakkan content marketing pada strategi pertama?. Jawabnya, karena content marketing tersebut dibutuhkan di strategi – strategi marketing yang lain.

Social media marketing, forum marketing, SEO, dan teknik marketing lainnya memiliki ketergantungan pada content marketing tersebut.

Jadi, dalam pemasaran online melalui content marketing, berilah suatu konten yang memiliki nilai manfaat untuk kehidupan calon konsumen yang memiliki relevansi dengan produk bisnis Anda. Misalnya, Anda adalah penjual perabot, maka, content yang sebaiknya Anda buat adalah konten mengenai cara – cara memilih perabotan yang berkualitas, merawat perabotan, atau mengenal jenis – jenis kayu dalam perabotan.

Online Store

Strategi kedua dari online marketing yang juga cukup populer, yakni online store. Kita membuat sebuah toko online ibaratkan toko nyata yang memuat produk – produk bisnis kita, namun, bedanya produk yang kita gunakan pada online store tersebut berupa foto.

Ada beberapa cara untuk membuat toko online atau online store untuk mempromosikan usaha/bisnis Anda, misalnya, menggunakan blogger.com atau wordpress.com sebagai toko online untuk versi gratisnya. Untuk versi berbayar, Anda dapat menggunakan hosting dan domain berbayar dengan platform yang bisa digunakan, seperti wordpress.org, drupal, woocommerce, dan sebagainya.

Keunggulan yang berbayar adalah bisnis kita terlihat lebih profesional dan kepercayaan calon konsumen terhadap bisnis kita akan lebih meningkat.

Untuk strategi content marketing Anda bisa menerapkannya dengan membuat sebuah blog yang berisi konten sesuai dengan bisnis Anda pada toko online tersebut. Jika Anda tidak bisa membuka toko online, tak ada salahnya untuk menyewa jasa pembuat toko online yang sudah banyak berada di internet.

Social Network Marketing

Berikutnya adalah strategi pemasaran online melalui media sosial. Sudah tak jarang lagi kita melihat bahwa sekarang ini sudah banyak orang – orang yang membuat akun khusus menjual suatu produk.

Kini adalah kesempatan Anda untuk melakukan hal yang sama. Memasarkan bisnis dengan membangun audiens/fans di media sosial.

Untuk pemasaran di media sosial, kita tidak hanya bicara soal mengunggah foto, keterangan, dan harga produk, namun, kita juga harus membangun kepercayaan dan kedekatan dengan pengguna media sosial tersebut. Apabila sudah mulai banyak audiens atau fans, barulah kita mulai memasarkan bisnis.

So, disinilah peran penting content marketing. Kita akan menggunakannya untuk membujuk pengguna media sosial tertarik dengan akun kita, buatlah konten – konten yang bermanfaat untuk pengguna media sosial yang memiliki relevansi dengan produk bisnis kita.

Ada beberapa pembagian lagi dalam social media marketing, berikut poin – poinnya :

            Facebook Marketing

            Twitter Marketing

            BBM Marketing

            Pinterest Marketing

            Instagram Marketing

            LINE Marketing

            Whatsapp Marketing

Temukan pembahasan lebih lengkapnya dengan tetap mengunjungi prolapak.com.

SEO

[ http://prolapak.com/belajar-seo ]

SEO merupakan strategi online marketing yang paling disenangi dan paling populer, karena selain mampu menarik penjualan yang super, juga cara ini GRATIS.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimazation. Dalam Bahasa Indonesia berarti optimasi mesin pencari. Jadi, dengan SEO kita akan berupaya untuk meningkatkan rangking situs kita hingga menjadi nomor 1 di halaman pertama mesin pencari.

Semakin kecil angka peringkat suatu situs maka semakin tinggi pula kemungkinan akan terjadi transaksi atau orang – orang mengenal bisnis kita.

Jadi, optimalkanlah strategi internat marketing SEO ini, karena, orang – orang yang mengunjungi suatu situs 98% merupakan orang yang memang membutuhkannya. Misalnya, ada yang ingin membeli obat jerawat, ya, mereka pastinya akan mencari kata kunci “jual obat jerawat” di mesin pencari.

Sekali lagi, berusahalah untuk mengoptimalkan strategi marketing SEO.

Forum Marketing

Forum marketing merupakan strategi pemasaran yang kita lakukan pada forum – forum. Hampir sama dengan media sosial, untuk pemasaran di forum, lakukanlah strategi content marketing. Bertujuan, agar member – member forum mengenali Anda, secara tidak langsung ia juga akan mengenali bisnis Anda.

Cara lain dari forum marketing adalah berjualan di forum jual beli, salah satu FJB yang terkenal adalah FJB Kaskus.

Cukup dengan beberapa klik, Anda sudah bisa berjualan di FJB Kaskus, hanya saja, tidak sampai disitu saja, Anda perlu untuk membangun keunikan dari produk dan silaturahmi dengan member agar mereka terbujuk untuk membeli produk bisnis Anda tersebut.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan strategi digital (online) marketing dengan membayar orang lain melalui suatu situs untuk menampilkan banner atau bahan yang akan mempromosikan produk bisnis kita. Biasanya, kita akan membayar apabila terjadi transaksi yang berasal dari situs tempat bahan promosi kita berada.

Biasanya, bentuk pembayaran kepada affiliate marketer (sebutan bagi orang yang membantu memasarkan bisnis kita) berupa komisi persentase.

Bagi penjual, cara ini cukup efektif untuk mendatangkan penjualan, lebih – lebih jika komisi yang ditawarkan tersebut besar. Cukup efektifnya karena jaringan pemasaran kita semakin luas dan target konsumen biasanya lebih tetarget.

Video & Slide Marketing

Strategi pemasaran melalui internet yang tak kalah dengan lainnya adalah pemasaran online melalui media video and presentasi. Dalam memasarkan bisnis dengan kedua hal ini kita akan menggunakan situs YouTube dan SlideShare sebagai media promosinya.

Keunggulan utama yang membuat video dan presentasi layak Anda coba sebagai media pemasaran, yakni kekuatan visual terhadap respon dan ingatan dari target pasar.

Pernahkah Anda membandingkan, lebih mudah diingat mana, iklan yang ada di radio atau yang ada di televisi?. Tentu kita akan lebih mudah mengingat iklan di televisi, karena ada gambar sekaligus audio. Sama halnya dengan youtube, dengan youtube kita bisa memasarkan bisnis melalui dua nilai, yakni visual dan audio.

Tip agar video pemasaran yang digunakan mendapatkan perhatian dari calon kustomer, tetaplah menerapkan strategi soft selling. Akan tetapi, jika Anda tetap ingin mencoba berjualan hard selling melalui YouTube, hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Karena, hingga saat ini masih banyak orang yang mendapatkan penjualan melalui YouTube walau mereka menggunakan strategi hard selling.

Dropship Marketing

Dropship marketing merupakan strategi marketing yang termasuk bagian brokerage. Dropshiper memungkinkan orang lain menjadi mitra usaha Anda sebagai pemasar produk. Jadi, mereka akan membantu Anda memasarkan produk Anda dengan komisi yang telah ditetapkan sesuai perjanjian.

Cara ini juga cukup ampuh untuk mendatangkan penjualan, karena, bisa jadi orang yang menjadi mitra bisnis Anda tersebut memiliki strategi yang lebih hebat atau koneksi yang banyak. Sehingga, ia dengan mudah mendapatkan transaksi.

Iklan Display

Iklan display merupakan strategi digital (online) marketing dengan menjalin kerjasama bersama pemilik suatu situs. Kerjsamanya adalah pemasangan iklan, dimana pemilik blog akan memasang banner, video, atau foto produk bisnis kita di situs mereka dalam jangka waktu tertentu, lalu, kita akan membayar space iklan tersebut sesuai tarif yang telah disepakati.

Cara agar iklan display yang Anda pasang di situs tersebut memiliki pengaruh yang besar, yakni carilah situs yang sesuai dengan jualan Anda (relevan), kemudian, carilah situs yang memiliki trafik lumayan banyak (>1000/hari). Jangan lupa untuk memperhatikan letak iklannya dimana, sebab semakin ke atas, maka kemungkinan transaksi juga semakin besar.

Email Marketing

Email saat ini tidak hanya untuk berkirim surat saja, namun, saat ini kita bisa memanfaatkannya melalui email marketing. Yap, pemasaran online melalui email.

Caraya, yakni mengirimkan penawaran kita melalui email kepada target konsumen. Strategi pemasaran soft selling sangat diperlukan dalam strategi email marketing ini, karena, sangat jarang orang akan suka melihat iklan bermunculan di email mereka.

Pendekatan secara emosional yang akan mengarahkan orang tersebut ke bisnis kita itulah strategi dari email marketing.

Usahakanlah untuk mengumpulkan email pengguna internet sebanyak – banyaknya, tentunya, semakin banyak maka kemungkinan transaksi juga semakin besar.

Iklan PPC (Advertiser)

Strategi yang tak kalah populer dan terbukti adalah menjadi advertiser iklan PPC (Paid per Click). Cara beriklan melalui iklan PPC, yakni dengan bergabung sebagai advertiser di beberapa perusahaan periklanan, seperti Google Adsense, Chitika, Bidvertiser, dsb.

Iklan kita akan muncul setiap orang mengklik kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang telah ditetapkan. Berikut contoh tampilan dari iklan PPC.

Contoh Iklan PPC Belajar IM

Contoh Iklan PPC Belajar IM

Public Relation Marketing

Ini adalah strategi pemasaran online gratis yang terbukti mampu mendatangkan penjualan dan naiknya branding dalam waktu yang singkat.

Dengan public relation, bisnis kita akan disorot oleh wartawan untuk ditayangkan sebagai sebuah berita di situs mereka. Sangat beruntung apabila diliput oleh wartawan dan situs berita yang terkenal, tentu, usaha kita dalam waktu dekat akan mulai dikenal oleh banyak orang. Sehingga, transaksi pun  banyak yang terjadi.

Cara agar bisa mendapatkan public relation adalah dengan mengutamakan kualitas produk, kemudian, keunikan produk, dan manfaat produk untuk khalayak ramai.

Demikian saja pembahasan mengenai belajar internet atau online marketing. Pembahasan tutorial internet marketing lebih lanjut akan dibahas di artikel – artikel lainnya dengan lebih lengkap dan langsung praktek. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada hasil instant dalam berbisnis, semuanya membutuhkan proses dan jalan masing – masing.

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn6Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 + 17 =