3 Pilar Utama dalam Belajar SEO Full Materi

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn1Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Attention! Ini adalah artikel belajar SEO gratis yang bertujuan memudahkan pemula dalam memahami SEO. Artikel belajar SEO eksklusif dari PROLAPAK.

Belajar SEO Gratis untuk Pemula

Belajar SEO Gratis untuk Pemula

Salah satu yang kadang kala membuat kita bingung dalam mengoptimasi website adalah pandangan SEO dari sumber yang kita pelajari berbeda – beda. Situs A mengatakan cara ini benar, namun, situs B menyatakan cara ini sebaiknya jangan dilakukan. Maka, untuk mengatasi masalah ini perlu dipahami terlebih dahulu tonggak dasar dari SEO itu sendiri.

Walaupun algoritma Google seiring waktu terus diperbahrui, namun, dasar dari optimasi SEO itu tidak berubah signifikan. Mari kita pelajari :

Belajar SEO Dasar

Keyword Research

Riset keyword atau keyword research merupakan langkah awal untuk optimasi SEO. Jika diibaratkan dalam tumbuhan, riset keyword merupakan akarnya, karena, semuanya berawal dari riset keyword. Optimasi SEO On Page dan SEO Off Page keduanya membutuhkan peran dari riset keyword.

Dala membangun blog untuk bisnis, salah dalam pemilihan keyword bisa mengakibatkan situs tidak ada yang mengunjungi. Jadi, melakukan riset keyword itu merupakan suatu keharusan.

Situs – situs dengan tipe apa sajakah yang diharuskan melakukan riset keyword ?.

  • Blog post (situs – situs yang memuat konten – konten).
  • Ecommerce (situs untuk penjualan online).
  • Company profile (situs yang memuat profil bisnis).
  • News (situs yang berisi berita).

Dalam melakukan riset keyword yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menemukan niche pada situs Anda. Kamudian, temukan ide dasar yang hendak digunakan dalam riset keyword.

Bagi rekan – rekan yang ingin mempelajari bagaimana saya biasa melakukan riset keyword, silahkan baca artikel berikut :

Cara Spesial Riset Keyword ala Newbie

Cara Menemukan Long Tail Keyword

Cara Mengetahui Kesulitan Keyword

Ada dua hal lagi yang disarankan untuk diketahui, yakni menemukan long tail keyword dan mengetahui kesulitan suatu keyword.

On Page SEO

On Page SEO merupakan optimasi SEO yang dilakukan pada halaman dan situs itu sendiri. Jadi, on page SEO memberikan maksud agar kita mengoptimasi web itu sendiri.

Dalam mempelajari dan mempraktikkan optimasi on page, keyword masih memegang peranan penting. Kunci utama dari seo on page adalah memberikan konten yang berkualitas dan penempatan berbagai keyword pada konten tersebut.

Dalam optimasi on page SEO, variasi dari keyword yang kita targetan adalah indikator yang sangat penting. Ini berguna untuk menjaga kenaturalan dari situs Anda. Berikut adalah hal – hal yang perlu Anda pelajari, kuasai, dan praktikkan dalam mengoptimasi on page SEO, yakni :

  • Membuat konten yang berkualitas.
  • Optimasi SEO di gambar.
  • Jangan melakukan spamming.

Bila Anda hendak mempelajari bagaimana saya melakukan optimasi SEO On Page, Anda dapat mempelajari artikel berikut :

Cara Menulis Konten SEO Friendly

Optimasi On Page di Blog

Optimasi SEO di Gambar

Off Page SEO

Off page SEO merupakan optimasi SEO yang dilakukan di luar situs yang mengarah pada situs Anda sendiri. Misalnya, Anda memberikan link dari forum kaskus yang kemudian mengarah pada situs Anda.

Jika dalam optimasi website, off page SEO ini diabaikan, kecil kemungkinan suatu website akan berhasil menduduki halaman pertama mesin pencari. Apakah mengoptimasi seo off page tersebut susah ?. Tidak, jika Anda mengetahui strateginya.

Aktivitas backlinking merupakan salah satu praktik dari optimasi off page. Dan juga backlinking merupakan indikator yang memiliki pengaruh besar pada situs kita untuk menempati halaman pertama.

Bagi Anda yang ingin mempelajari bagaimana saya menanam backlink beserta strateginya, silahkan baca artikel berikut :

Strategi Penggunaan Anchor Text

Cara Mendapatkan Backlink + Strateginya

Backlink EDU dan GOV

SEO adalah seni, melalui trial dan errorlah kita akan menemukan jalan yang tepat dan sesuai dengan jati diri blog. Berhenti untuk memikirkan ikut kursus, lakukan, dan temukan cara ala diri sendiri. Be yourself.

Demikian saja pembahasan mengenai belajar SEO dasar untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn1Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Baca Juga Ini

11 thoughts on “3 Pilar Utama dalam Belajar SEO Full Materi”

  1. Nuhan Nahidl says:

    Terima Kasih mas… buat artikelnya. mas kadang saya malas sekali menerapkan seo on page…. apakah ada solusi agar kita lebih semangat.

  2. Reyhan Ivandi [ADMIN] says:

    Sebenarnya motivasi untuk onpage tidak ada :D. Kita hanya perlu membuat postingan yang berkualitas disertai sisipan beberapa keyword ke artikel.
    Jadi, motivasi yang dibutuhkan hanyalah motivasi untuk menulis lebih baik dan memberikan konten yang berkualitas untuk pembaca.

  3. lasealwin says:

    Kalau belajar soal SEO Gak ada habisnyalah. Saya sendiri dari sejak mengenal blogging sampai sekarang balum begitu mengerti. Alhasil sampai sekarang masih belajar terus. Terimakasih teman

  4. Kang Andre says:

    Terima kasih atas tutorial yang menarik ini. Saya sering terjebak masalah menulis “semau gue” tanpa memperhatikan seo onpage

  5. Sahal Mahfudh says:

    beruntung saya membaca articel ini bos karena saya baru saja belajar seo. makasih ilmunya karena ini sangat bermanfaat bagi saya dan orang lain.

  6. Reyhan Ivandi [ADMIN] says:

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya pak. Semangat terus.

  7. peluang usaha says:

    wahh sangat menginspirasi sekali nih artikelnya, terimakasih banyak gan, sudah berbagi

  8. Perynda Dewahra says:

    Menarik utk disimak, krn pd dasarnya memang sy suka membaca. Awalnya selalu berangkat dr rasa ingin tahu saya akan suatu hal. Kemudian sy mencari tahu dengan membaca dan mencari literatur. Setelah sy rasa cukup terpuaskan ttg apa yg ingin saya tahu, kemudian muncul rasa ingin mengulas tentang hal tsb.
    Yg jadi masalah skrg adalah sebenarnya saya ingin sekali jadi seorang penulis, hanya saja memang sy masih benar2 nol. Kiranya bisa membantu dan mengarahakan supaya minat dan bakat saya bisa tersalurkan dg baik dan bermanfaat ke depannya. Thanks.

  9. Fajar says:

    SEO jaman skr beda jauh sama jaman dulu (2012 kebawah). dulu kalo optimasi Onpage cukup pake keyword density max 4%, outbond/inbound link, ping ke bbrapa situs bookmark, direktori, selesai!. skr KETAT banget.

  10. Iyan Pcb says:

    memang keywordlah yang menurut saya paling mendasar dalam urusan seo. Lalu bagaimana denga keyword untuk alamat blog gan..? Apakah setidaknya harus sama dengang kategori blog kita.

  11. Jung (@jungjawa) says:

    Apakah hal-hal yang memengaruhi SEO hanya dibatasi dari onpage dan offpage saja? Apakah ada metrik lain yang digunakan seperti heatmap dan click map?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − 17 =