Cara Mudah Menginstal CMS WordPress di Cpanel Anda 2015

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Cara Menginstal CMS WordPress di Cpanel – CMS WordPress seperti yang kita ketahui merupakan platform website yang paling populer pada saat ini. Hingga saat ini masih banyak blogger dan pebisnis online yang menggantungkan hidupnya pada platform WordPress ini.

CMS WordPress

Kenapa banyak blogger dan pebisnis online yang menggunakan CMS WordPress sebagai platform situs mereka ?. Tak lain dan tak bukan karena kelebihan yang dimiliki oleh WordPress. Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh CMS WordPress ?, berikut rinciannya :

  1. Pilihan template dan plugin yang sangat banyak. Pilihan yang banyak karena WordPress telah ikut dikembangkan oleh berbagai developers dari seluruh dunia. Kita dapat memilih template sesuai yang diinginkan, karena pilihannya yang banyak. Plugin yang berguna untuk memudahkan kita beraktivitas menggunakan WordPress juga banyak jumlahnya. Nah, plugin inilah yang menjadi salah satu kenapa WordPress dipilih oleh para webmaster.
  2. Kemudahan dalam menggunakannya. Walaupun Anda adalah seorang pemula sekalipun menggunakan WordPress tetap mudah, hanya dengan beberapa sentuhan klik apa yang Anda inginkan sudah bisa tercapai, tanpa perlu coding.
  3. Banyak gratis. Nah, inilah yang paling penting. Sesuatu yang berkualitas dan gratis. Template dan plugin yang berkualitas dapat Anda dapatkan secara gratis. Tentunya ini akan menghemat modal Anda dalam berbisnis.

Nah, bagaimana cara menginstall CMS WordPress pada hosting Anda ?. Berikut tutorialnya :

Cara Menginstall CMS WordPress pada Hosting Anda

Langkah pertama dalam menginstall CMS WordPress adalah membuka control panel dari hosting Anda. Caranya adalah dengan membuka URL berikut pada browser Anda, domainanda.com/cpanel. Tulisan domainanda diganti dengan domain yang telah Anda pesan.

Lalu, masukkanlah username beserta passwordnya. Setelah itu, tekan tombol Masuk.

Langkah kedua adalah menukar template dari control panel Anda. Jadikanlah theme  dari control panel tersebut menjadi paper_lattern.

Setelah template Anda tertukar lanjut ke langkah ketiga.

Langkah ketiga cara menginstall CMS WordPress adalah mencari kotak yang bertuliskan Softaculous Apps Installer. Lalu, klik pada bagian scripts WordPress.

Langkah keempat adalah menekan tombol Install. Lihat gambar agar lebih jelas.

Langkah kelima cara menginstall CMS WordPress adalah mulai mengatur penginstallan CMS WordPress. Pertama kita akan mengatur pada bagian Software Setup.

Choose protocol              : Anda dapat memilih menggunakan http:// , http://www, atau https://. Pilihan antara http:// dengan http://www. Merupakan pilihan yang gratis. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, pada situs prolapak ini saya menggunakan protocol http://. Bagi Anda yang memiliki SSL, maka gunakanlah protocol https://.

Choose domain                                : pilihlah domain yang hendak Anda gunakan.

In Directory                        : kosongkan saja.

Langkah keenam adalah mengatur bagian database settings. Pada database setting tersebut terdapat table prefix, maka isilah dengan wp_ . Jika sudah ada Anda lanjut saja pada langkah berikutnya.

Langkah ketujuh adalah site settings.

Site Name                           : diisi dengan nama situs Anda. Jika situs personal maka cukup isi dengan nama Anda. Namun, jika itu merupakan situs bisnis, maka berilah sesuai nama bisnis Anda.

Site Description                  : diisi dengan deskripsi singkat situs Anda.

Enable Multisite                  : uncheck

Untuk bagian site name dan site description jika dibiarkan dalam setting default tidak masalah, karena, di saat kita telah berada di tengah jalan tetap bisa dirubah.

Langkah kedelapan cara menginstall CMS WordPress adalah mengatur admin account yang berfungsi untuk masuk pada halaman dasbor WordPress Anda nantinya. Tentunya ini adalah bagian yang viral dan rahasia.

Admin username             : diisi dengan username yang hendak digunakan pada saat log in ke WordPress hosting Anda.

Admin password              : diisi dengan password.

Admin email                      : isilah dengan email Anda, sebaiknya biarkan setting default saja.

Langkah kesembilan adalah choose lengague, pilhlah bahasa yang hendak Anda gunakan pada dasbor wordpress situs Anda. Jika Anda ingin menggunakan Bahasa Indonesia carilah pilihan Bahasa Indonesia.

Langkah kesepuluh adalah memilih template yang ingin digunakan. Untuk bagian Anda dapat memilih secara acak saja, karena, pada dasbor wordpress nantinya Anda tetap bisa menggantinya sesuai dengan selera.

Langkah kesebelas menginstall CMS WordPress adalah menekan tombol Install. Jangan lupa untuk menekan tombol ini karena tanpa tombol ini kerja Anda sebelumnya akan sia – sia.
Nah, di bawah Install ada pula bagian Email Installation details to :, diisi dengan email Anda yang aktif.

Langkah kedua belas adalah menunggu proses submit data.

Langkah ketiga belas menandakan bahwa proses penginstallan CMS WordPress telah selesai. Pada bagian ini terdapat tulisan, administrative URL. Nah, URL itulah yang berfungsi untuk masuk pada halaman dasbor wordpress situs Anda. URL untuk masuk pada halaman dasbor wordpress Anda adalah domainanda.com/wp-admin , untuk tulisan domain anda digantikan dengan domain dari situs Anda.

Nah, demikianlah pembahasan langkah – langkah bagaimana cara menginstal CMS WordPress secara gratis dan cepat. Apabila telah selesai diinstal Anda sudah bisa mulai mengeposkan artikel dengan suka ria.

Semoga artikel tutorial menginstall CMS WordPress ini bermanfaat bagi pembaca.

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6 − 6 =