Cara Menemukan Niche Blog / Website untuk Pemula

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Niche blog adalah salah satu hal yang penting dalam ngeblog. Menemukan niche blog terkadang juga gampang – gampang susah. Karena itulah pada artikel ini penulis akan membagikan cara untuk menemukan niche blog kepada pembaca setia situs ini.

Cara Menemukan Niche Blog 2015

Cara Menemukan Niche Blog 2015

Apa itu Niche Blog ?

Apa itu niche blog ?. Niche dalam bidang ilmu pengetahuan ekonomi memiliki arti ceruk pasar, begitu pula dalam dunia blogging. Niche blog memiliki arti ceruk pasar yang hendak kita masuki ketika ngeblog nantinya. Misalnya, ada sebuah blog dengan niche bisnis, maka ceruk pasar yang ia masuki adalah ceruk pasar bisnis.

Salah satu niche blog adalah smartphone. Bila nichenya itu adalah smartphone, maka, isi dan materi dari blog tersebut merupakan segala hal tentang smartphone. Begitu pula pada niche lain, seperti kesehatan, kuliner, olahraga, dan lain – lain, pembahasan akan sesuai dengan niche yang diambil.

Bagaimana cara menemukan niche blog tersebut ?. Berikut ulasannya :

Cara Menemukan Niche Blog

Untuk pemula sebaiknya niche blog diambil dari apa yang telah ada dalam dirinya, berikut penjabarannya :

Follow What Do You Love

Ikuti apa yang kamu cintai. Kalimat ini memiliki maksud agar kamu dalam memilih niche blog sesuai dengan apa yang kamu cintai. Hal ini memiliki makna, agar kamu menemukan sesuatu yang dicintai lalu menjadikan hal tersebut sebagai niche blog.

Sebagai contoh kamu adalah seorang pemuda yang mencintai anime, hampir segala hal tentang anime kamu mengetahuinya, niche blog tentang anime pantas kamu jadikan sebagai niche blog.

Kenapa harus sesuai dengan apa yang kita cintai ?. Karena ngeblog bukanlah sesuatu yang berlaku dalam jangka waktu pendek, ngeblog merupakan aktivitas yang berlaku dalam jangka waktu yang panjang. Bila tidak sesuai dengan apa yang kita cintai, mungkin inilah yang akan membuat kita patah semangat di tengah perjalan dan rasa bosan akan menghampiri kita.

Follow Your Ability

Ikuti kemampuanmu. Cara kedua untuk menemukan niche blog adalah dengan mencari tahu apa yang kamu kuasai, pahami, atau kemampuan yang kamu miliki, lalu, menjadikan hal tersebut sebagai niche blog. Umumnya para blogger yang memiliki niche blog sesuai dengan kemampuan mereka, ia akan lebih cepat sukses dalam dunia blogging.

Sebut saja Asri Tadda, seorang dokter yang sukses menjadi blogger, internet marketer, dan pebisnis. Pada awal ngeblog kak Asri Tadda mengisi blog – blog yang ia bangun dengan materi kesehatan. Kenapa ?. Karena, kesehatanlah kemampuan yang ia miliki.

Contoh lain, kamu adalah seorang yang memiliki kemampuan, pengetahuan, atau penguasaan terhadap olahraga. Niche blog olahraga pantas jika kamu jadikan sebagai niche pilihanmu. Banyak hal dalam olahraga yang dapat dimuat dalam blog, misalnya dunia fitness, tutorial fitness, tips olahraga, belajar bola voli, ilmu bela diri, ulasan sepak bola, motoGP, dan lain – lain.

Bukanlah hal yang susah untuk menemukan niche blog ketika Anda telah mengetahui ability yang Anda miliki. Ikuti saja hal tersebut.

Follow Your Passion

Cara ketiga menemukan passion adalah degan mengikuti passion yang kamu miliki. Passion memiliki arti kegemaran atau hasrat yang besar pada suatu hal. Sama halnya dengan follow your ability, umunya orang – orang yang memilih niche blog sesuai passion mereka, mereka akan lebih cepat sukses di dunia blogging.

Apa contoh passion yang dapat dijadikan niche blog ?. Olahraga, kesehatan, pendidikan, politik, gaming, coding, psikologi, kuliner, dan sebagainya. Intinya passion itu sesuati yang Anda memiliki hasrat besar terhadap hal tersebut.

Misalnya, Anda adalah seorang yang memiliki passion di bidang kuliner, memiliki pemahaman di bidang kuliner, kuliner bisa Anda jadikan sebagai niche blog. Materi dalam blog yang bisa Anda muat tentang kuliner, seperti resep makanan, tips memasak, review makanan, review restoran, dan hal lain tentang kuliner.

Intinya dalam memilih niche blog pilihlah apa yang telah ada daam diri Anda. Bila ada pemahaman, pengetahuan, kemampuan, kecintaan, atau passion terhadap suatu hal jadikanlah hal tersebut sebagai niche blog Anda.

Bagaimana jika masih tidak ditemukan ?. Langkah alternatif bila masih tidak ditemukan sesuatu yang cocok dengan Anda, carilah suatu hal yang tidak Anda benci. Lalu, pahamilah seluk beluk hal tersebut, dan jadikanlah sebagai niche blog.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menemukan niche blog untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat.

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

One thought on “Cara Menemukan Niche Blog / Website untuk Pemula”

  1. Rachma says:

    saya sempat berpikir untuk membuat niche blog, mengingat blog gado-gado saya sulit untuk menghasilkan CPC tinggi dari adsense. hanya saja, umumnya niche blog terlalu sempit sehingga sulit menghasilkan dan mengembangkan artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × four =