Cara Profesional Meningkatkan Trafik Website atau Blog

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Cara Meningkatkan Trafik Website / Blog – Apakah Anda ingin blog Anda dibanjiri oleh visitor ?. Namun, hingga saat ini sudah 2 tahun ngeblog, blog tersebut tidak kunjung dibanjiri oleh pengunjung.

Tanpa trafik yang banyak terkadang itulah yang membuat semangat kita ngeblog menurun, terlebih lagi, bagi para pemilik toko online, jika tidak ada pengunjung tentu tidak ada transaksi yang terjadi.

Bila trafik blog semakin banyak saya yakin semangat Anda dalam ngeblog bisa meningkat hingga 200%, dan para pemilik toko online pun akan kebanjiran order.

 

Memiliki masalah visitor yang sedikit bahkan tidak ada sama sekali, merupakan salah satu penyebab seseorang semakin malas dengan ngeblog. Namun, jangan cemas lagi, karena, Anda telah berada pada artikel yang tepat dan bisa langsung praktek.

Nah, bagaimanakah cara yang tepat dalam menaikkan atau meningkatkan trafik ( visitor atau pengunjung ) suatu website ?.

Sebelum lanjut pada cara – cara meningkatkan trafik, ada baiknya kita mengusik terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan blog kita itu trafik kecil / sepi pengunjungnya.

Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Baru Belajar Ngeblog

Jika Anda baru belajar ngeblog 3 bulan yang lalu, namun, pengunjung blog Anda masih sedikit atau tidak ada bukanlah suatu masalah, karena ini adalah faktor pengalaman.

Sebagai seorang pemula, kita harus rajin belajar dan praktek. Tidak ada hasil instant dalam dunia blogging, kita harus belajar dan praktek. Dengan prakteklah kita akan menemukan cara – cara yang pas dalam ngeblog.

Namun, jika Anda sudah cukup lama ngeblog, masih memiliki visitor yang sedikit, ada baiknya Anda untuk belajar kembali dan praktek kembali. Semoga artikel ini bisa memberikan Anda jawabannya.

Kualitas Konten

Penyebab kedua blog sepi adalah kualitas konten yang ada dalam blog tersebut. Para pengguna internet yang sedang mencari informasi tentu mengharapkan informasi yang berkualitas, padat, dan jelas. Mereka tidak menginginkan konten abal – abal yang hanya membuat mereka berputar- putar pada pembahasan tertentu saja.

Anda sebagai seorang publisher atau penyedia konten harus memberikan artikel dengan kualitas yang baik, lengkap, jelas, dan tidak copy paste.

Desain Blog

Agar blog Anda semakin ramai ada baiknya memilih ulang template yang digunakan, usahakan responsive dan seo friendly. Serta, tidak memiliki tata letak yang semrawutan. Walaupun visitor yang datang pada awalnya banyak, namun, karena melihat tampilan blog yang buruk, percayalah blog Anda akan sepi kembali jika tidak segera diperbaiki.

Cara Meningkatkan Trafik Website / Blog

Kita akan berbicara pada cara meningkatkan trafik web dalam waktu jangka panjang dan jangka pendek.

Produk Gratis

Gratis merupakan kata – kata yang akan memengaruhi pikiran orang – orang dalam waktu singkat, apakah mereka butuh atau tidak, mereka akan tetap melihat produk yang gratis tersebut.

Nah, karena pemikiran orang – orang sudah seperti hal tersebut, maka cara meningkatkan trafik dengan berbagi produk gratis merupakan cara yang efektif baik itu dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang.

Produk yang Anda bagikan secara gratis tersebut sebaiknya berupa hal spesial atau hal – hal yang belum pernah ada sebelumnya, namun, orang – orang membutuhkannya. Apa saja wujud produk yang bisa dibagikan secara gratisan tersebut ?, diantaranya :

  1. Ebook (produk paling ampuh)
  2. Video
  3. Webinar
  4. Audio
  5. Software
  6. Desain

Berikanlah kata – kata seperti ini agar yang mendownload semakin banyak, sehingga trafik yang diperoleh juga semakin banyak, “Download Sekarang ! Sebelum Link Download Dihapus” atau “Produk ini Belum Pernah Ada, GRATIS”.

Media Sosial

Kenapa memilih media sosial sebagai media untuk meningkatkan trafik blog?. Karena, pada media sosial para pengguna internet telah terkelompok pada kelompok – kelompok yang pas.

Misalnya, Anda membangun blog tentang kesehatan, di media sosial Anda akan mudah menemukan orang – orang yang membahas seputar kesehatan. Nah, masuklah pada kelompok tersebut, lalu mulailah aktif berdiskusi dan berikan link rekomendasi untuk mengunjungi blog Anda untuk informasi yang lebih lengkap.

Media sosial bisa dikatakan salah satu sumber trafik yang cukup besar, bagaimanakah menggunakan media sosial untuk meningkatkan trafik blog ?.

  1. Gunakan Maksimal 3 Media Sosial

Menggunakan banyak media sosial untuk trafik website juga tidak efektif. Kenapa ?. kita harus memanajemen banyak akun dalam waktu singkat, bisa – bisa waktu habis hanya untuk media sosial tersebut.

Jadi, cukup 1 sampai 3 media sosial yang Anda gunakan, misalnya facebook, twitter, dan google plus.

  1. Bersosialisasilah

Media sosial adalah tempat orang – orang beraktivitas di dunia online. Jadi, Anda juga harus ikut bercengkrama, bercanda, dan memberikan informasi pada media sosial tersebut. Setelah mulai banyak teman atau pengikut Anda, barulah sebarkan link yang menuju situs blog Anda.

Misalnya, Anda memilih facebook dan google plus sebagai media sosial untuk mendongkrak trafik. Pada kedua komunitas tersebut terdapat fitur grup, sebagai sumber trafik Anda dapat menanamkan link blog pada grup – grup yang ada pada facebook dan google plus tersebut.

Kunci sukses mendatangkan trafik dari media sosial adalah 80% berisi aktivitas sosial (bukan promosi) dan setelah mulai terbangun teman atau pengikut yang banyak barulah diisi dengan 20% konten promosi blog.

Forum

Menurut penulis forum adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan trafik website dalam waktu jangka pendek. Karena, penulis telah membuktikannya untuk mendongkrak trafik blog.

Caranya adalah carilah forum yang memiliki banyak anggota, bergabunglah, bangunlah branding akun, dan bagikan hal – hal menarik pada forum tersebut sesuai dengan topik yang dibahas pada blog Anda. Jangan lupa untuk menyisipkan link yang menuju blog Anda, karena dari sinilah visitor di dapatkan.

Ada beberapa forum yang sangat populer, seperti kaskus, bersosial, pengusaha.co, dll.

Blogwalking

Blogwalking merupakan cara meningkatkan trafik dengan berkomentar pada situs orang lain. Cara ini juga cukup ampuh untuk mendapatkan backlink, dan juga berperan dalam mendatangkan trafik website.

Caranya mudah, carilah situs satu topik dengan blog Anda, carilah artikel yang populer, lalu, mulailah berkomentar mengenai artikel tersebut.

Judul

Ini adalah faktor yang paling penting dalam menulis artikel pada blog. Judul yang hanya biasa – biasa saja akan membuat pengunjung tidak tertarik bahkan lari dari situs Anda. Sebaiknya dalam menulis artikel, buatlah judul yang mengandung kata – kata, seperti rahasia, cepat, mudah, murah, ampuh, profesional, ahli, kuno, dll.

Saya akan berikan dua contoh :

Pertama, cara seo 2015

Kedua, cara seo ampuh 2015

Anda lebih memilih yang mana ?.

So, judul sangat berperan untuk meningkatkan trafik dari website atau blog Anda.

SEO

SEO atau optimasi untuk mesin pencari merupakan sumber trafik yang paling besar dimata para blogger. Karena, pada mesin pencarilah banyak pengguna internet mencari berbagai informasi.

Langkah yang perlu Anda ambil untuk meningkatkan trafik dengan SEO adalah dengan memulai riset keyword, on page seo, dan off page seo.

Riset keyword – lakukan riset keyword dengan menggunakan tool google keyword planner atau ubersuggest.

On Page SEO – buatlah artikel dengan kualitas yang baik, tidak copy paste, dan tanamkanlah keyword – keyword yang telah Anda dapatkan pada artikel tersebut.

Off Page SEO – berikanlah backlink – backlink berkualitas pada blog Anda.

SEO menurut saya merupakan cara meningkatkan trafik yang paling berperan untuk jangka waktu yang panjang.

Kunci meningkatkan trafik denan SEO adalah kualitas konten. Konten yang bermutu berada pada kasta tertinggi.

Demikian saja pembahasan dari prolapak.com mengenai cara meningkatkan trafik website, apabila ada kejanggalan mohon maaf. Praktek dan praktek !

Semoga artikel Cara Profesional Meningkatkan Trafik Website atau Blog bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Baca Juga Ini

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

8 thoughts on “Cara Profesional Meningkatkan Trafik Website atau Blog”

  1. adi says:

    thanks alot gan, mau nanya lagi nih, jujur saya masih bingung nentuin jenis blog yang akan saya buat, jika agan klik blog saya, agan pasti bingung, ada yang bahasa inggris dan pokoknya kacau deh kontennya.. Saya sudah 2 tahun menjadi blogger amatir, dan diatas blog baru saya.
    Apasih konten yang bagus untuk blog kita supaya fokus, dan bagaimana menggalinya agar tak kehabisan ide..?? Apasih jalan terbaiknya agar ramai pengunjungnya selain yang agan utarakan di atas.

    Saya telah melakukan blog walking bertahun namun belum ada jawaban yang nyangkut di hati saya. Jujur saya iri dengan blog yang traffik nya tinggi.

    Mohon jawabannya gan
    terima kasih banyak gan…

  2. Reyhan Ivandi [ADMIN] says:

    Adi, sebelumnya terima kasih telah mampir di PROLAPAK.
    Untuk membangun blog yang bisa lebih baik dan memberikan nilai kepada diri kita ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam blogging. Satu hal tersebut adalah minat kita pada bagian apa. Minat itulah yang nantinya kita jadikan sebagai topik utama pembahasan pada blog.

    Jadi, pertamanya temukan dulu minat kita dimana, setelah itu baru buat blog yang membahas minat kita tersebut.

    Jika Adi, memiliki minat di bidang pertanian, maka, konten pembahasan utamanya adalah mengenai pertanian.

    Jika Adi, memiliki minat di bidang musik (seperti pada blog melocha), sebaiknya musiknya itu lebih spesifik. Misalnya, untuk fans NOAH atau belajar gitar.

    Lalu, setelah memulai membangun blog, lanjutkanlah dengan mengoptimasi blog tersebut dengan SEO dan melakukan pemasaran atau sharing di media sosial.

    Insha allah, seiring waktu blognya akan mengalami peningkatkan trafik.

    Semoga jawaban ini dapat membantu Adi memecahkan masalah.

  3. Rushman says:

    sepertinya banyak hal yang harus saya perhatikan untuk meningkatkan trafik blog..
    mengenai penggunaan media sosial, saya pernah menggunakannya untuk melakukan promosi konten. hanya saja, konten yang saya sebar dj media sosial itu mendapatkan trafik hanya ketika dibagikan ke medsos. sedangkan konten yang tidak dishare di medsos memiliki posisi yang baik di search engine.
    apakah share konten di medsos akan menurunkan posisinya di SE ??

  4. BAGIFILM says:

    Enak emang kalau di sossial media, sama forum2 online buat media promosinya menurutku 😀

  5. Jovin says:

    Untuk mentarget search engine, pasanglah link di forum2. Untuk mentarget kunjungan langsung, share di FB. Ya betul pemilihan judul sangat penting. Apalagi judul yang bikin penasaran, pasti diklik 🙂

  6. Reyhan Ivandi [ADMIN] says:

    Terima kasih tambahannya agan Jovin .

  7. andylaw says:

    Selain tetang postingan, Bersilaturahmi ke blog-blog (blogwalking) menjadi pendukung untuk meningkat trafik blog, bukan begitu gan? 😀

    Ngomongin soal gratis, di blog saya ada banyak tutorial gratisannya gan. 🙂
    ~ monggo mampir

  8. Dinar says:

    Terimakasih, dapat lagi ilmu baru tentang cara mengoptimasi blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × 5 =