9 Cara Meningkatkan Trafik Blog Kamu dengan Distribusi Konten

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Bagaimana cara meningkatkan trafik website ?. Tak dapat dipungkiri, memperoleh trafik yang banyak adalah impian setiap pemiliki situs website / blog. Tanpa trafik yang tinggi, hampa rasanya aktivitas yang dilakukan selama ini. Benar bukan ?.

Toko online tanpa trafik, tentu transaksi tidak akan terjadi. Lantas apa tindakan yang harus dilakukan agar pengunjung yang datang ramai dan melakukan transaksi ?.

Jawabnya adalah dengan melakukan strategi content marketing. Bujuk para calon pembeli dengan konten. Karena saat ini apapun jualan Anda konten adalah strategi terbaik untuk mendatangkan penjualan dan meningkatkan trafik website.

Cara Meningkatkan Trafik Blog 2015

Cara Meningkatkan Trafik Blog 2015

Setelah blog kita bangun dan konten sudah mulai diposting, apakah sampai disana langkah kita untuk mendapatkan trafik dan penjualan ?. Tentu tidak, ada satu langkah lagi yang paling berperan, yakni menyebarluaskan konten – konten tersebut ke berbagai situs agar pengguna internet mengunjungi situs Anda.

Baca juga ini : Cara Meningkatkan Trafik Blog 2016

Ini adalah artikel yang akan menuntun Anda untuk mendapatkan trafik lebih tinggi dan branding dengan cara penyebaran konten ke berbagai situs. Berikut pembahasannya :

Meningkatkan Trafik dengan Distribusi Konten

Yang kita lakukan dalam distribusi konten hanyalah merubah format dari konten yang hendak dibagikan ke berbagai format, misalnya dari sebuah artikel dirubah menjadi infografis, video, presentasi, slide, rewrite, dsb.

Infografis

Visual content lebih menarik perhatian banyak orang daripada text dan audio content. Berdasarkan analisa yang saya lakukan, visual content lebih cepat diterima dan diserap oleh yang melihatnya. Contoh sederhana, ketika Anda melihat iklan di TV (visual) dengan radio (audio), lebih cepat diingat iklan yang mana, saya yakin iklan di TV lebih mudah diingat karena berupa visual.

Begitu pula dengan infografis. Dengan tampilan yang menarik dan materi yang disampaikan lebih to the point, membuat infografis lebih mudah diserap dan diingat.

Berdasarkan penjelajahan yang saya lakukan di Pinterest. Infografis lebih banyak mendapatkan repin daripada gambar yang hanya biasa saja. Bagaimana cara membuat infografis tersebut ?

Pertama, temukan poin – poin kunci dari artikel.

Kedua, desain menggunakan photoshop, canva, dan tool desain grafis lainnya.

Ketiga, desain infografis sebaiknya disesuaikan dengan desain situs Anda.

Keempat, sebarkan infografis Anda pada berbagai situs, direktori infografis, media sosial, atau forum.

Jika Anda tidak memiliki kemampuan  untuk mendesain, jika memiliki budget, tak ada salahnya untuk menyewa jasa desain. Serta, usahakan untuk membuat infografis yang benar – benar berkualitas.

Contoh Infografis

Contoh Infografis

Video

Hampir 100 juta pengguna internet menonton video di internet setiap harinya. Terlebih lagi para pengguna smartphone yang ingin merelaksasi diri mereka atau untuk mengetahui berbagai informasi.

YouTube, situs berbagi video terbesar dan mesin pencari terbesar kedua setelah Google  memberikan data bahwa para pengguna mobile menghabiskan waktu tak kurang dari 40 menit untuk menonton video di youtube. Serta, setengah dari pengunjung YouTube berasal dari pengguna ponsel.

Sungguh data yang sangat bermanfaat. Ini adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana caranya ?.

Untuk meningkatkan trafik dari video, kamu dapat merubah text menjadi sebuah video, lalu, memberikan penjelasannya, serta jangan lupa berikan call to action untuk mengunjungi situs.

Beberapa platform yang dapat kita gunakan untuk distribusi konten video, seperti YouTube, Vimeo, dan Viddler.

Untuk referensi kita dapat melihat channel dari situs – situs besar, seperti Entrepreneur dan Garudapreneur yang memberikan video – video tentang bisnis lalu memberikan “kode” untuk mengunjungi website mereka.

Slide

Hampir sama dengan video, slide merupakan media yang cukup disukai oleh pengunjung untuk mempelajari sesuatu. Salah satu situs yang akan kita gunakan untuk meningkatkan trafik adalah SlideShare.

SlideShare, situs pembuatan dan  berbagi presentasi terbesar yang kerap digunakan oleh para pebisnis untuk membangun brand bisnis sangat cocok untuk dijadikan sebagai media untuk mendatangkan trafik. Kenapa ?. Karena, tak kurang dari 50 juta pengguna internet mengunjungi SlideShare setiap bulannya.

Bagaimana mengoptimalkan SlideShare untuk trafik ?.

Pertama, temukan poin – poin kunci dari konten Anda.

Kedua, jadikan presentasi dengan desain yang profesional.

Ketiga, upload ke SlideShare dengan optimasi SEO. Berikan keyword pada bagian judul, deskripsi, dan tags. Usahakan membuat tags yang lebih dari 10. Ini berguna agar presentasi Anda bisa berada pada halaman pertama mesin pencari.

Keempat, mulai sebarkan presentasi di berbagai media sosial.Serta, kamu juga bisa melakukan embed terhadap presentasi, lalu, dipasang pada blog.

Facebook

986 juta pengguna aktif Facebook setiap harinya merupakan suatu angka yang fantastis.Masih banyak situs – situs saat ini yang menggunakan Facebook sebagai sumber trafik utama mereka. Ada dua cara yang paling efektif untuk meningkatkan trafik website dengan facebook, yakni fan page dan facebook ads.

Jika ingin mendapatkan trafik yang lebih banyak dengan cepat, Anda bisa menggunakan facebook ads, namun, jika tak memiliki budget mulailah untuk mempelajari facebook marketing tanpa facebook ads.

Rencananya, setelah postingan ini, Pro Lapak juga akan memberikan panduan facebook marketing yang efektif dan menghailkan. Jadi, tetap updatein Pro Lapak ya.

LinkedIn

Business to Business (B2B). Situs para profesional untuk menemukan kolega dan berbagi informasi seputar dunia bisnis. Data dari Neil Patel menunjukkan 94% B2B membagikan konten mereka pada LinkedIn. Apa yang begitu menarik perhatian mereka untuk menggunakan LinkedIn ?.

Matthew Woodward membuat ulang konten yang ada pada blognya menjadi 1000 kata konten yang hendak dipublish di LinkedIn. Sebelum ia mempublish konten tersebut, ia memastikan bahwa landing page yang ia buat berfungsi untuk mendapatkan subscriber baru.

Apa hasilnya ?.
Artikel tersebut mendapatkan sekitar 3000 views. Dan conversion rate mencapai 76.15%.

 

 

Tip untuk mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan menciptakan konten yang benar – benar berkualitas dan memecahkan masalah orang lain, lalu, bangunlah follower pada akun Anda.

Pinterest

Situs ini didominasi oleh par desainer profesional. Data dari Shareaholic menunjukkan bahwa Pinterest adalah media sosial kedua terbesar yang mengarahkan trafik pada website – website. Artinya, Pinterest dapat kita gunakan sebagai sumber trafik yang menjanjikan.

Jika situs Anda memiliki niche fashion, DIY, marketing, desain, kerajinan tangan, dan pet, Pinterest merupakan salah satu media yang berpeluang besar untuk mendatangkan trafik pada blog kamu. Kenapa saya berani mengatakan hal tersebut ?. Karena, saya telah melihat dan menyaksikannya, repin dari niche – niche di atas sangat banyak.

Bagaimana cara meningkatkan trafik dengan Pinterest ?.

Pertama, jadikan akun yang kamu miliki benar – benar komplit dan profesional.

Kedua, buatlah board berdasarkan kategori yang ada pada situsmu.

Ketiga, isilah dengan gambar – gambar yang berhubungan dengan kategori tersebut.

Keempat, bangunlah follower dengan cara “follow and folback”.

Kelima, mulailah untuk upload gambar yang menarik dan berkualitas. Berikan deskripsi yang mengundang “selera” untuk diklik. Jangan lupa berikan link situs Anda pada bagian source.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan Pinterest, jika akun yang kita bangun telah mendapatkan follower lebih dari 50, usahakan untuk terus aktif melakukan pin atau repin setiap harinya. Dengan begitu kepopuleran akun akan meningkat, sehingga mendapatkan follower akan lebih mudah.

Namun, untuk blog Berbahasa Indonesia cukup sulit untuk mendapatkan follower yang orang Indonesia pula, karena, pengguna Pinterest didominasi oleh “bule – bule”.

Email

Email marketing, pemasaran melalui “face to face” di dunia digital mampu menarik penjualan yang luar biasa. Banyak orang yang tak ingin menutup email mereka, karena, informasi – informasi yang mereka dapatkan melalui email sangat mereka butuhkan.

Email marketing 40 kali lebih efektif daripada facebook & twitter marketing. Ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan trafik yang berlimpah, mulailah membangun list email Anda sekarang.

Untuk artikel yang hendak dikirimkan kepada subscriber, kamu dapat me-rewrite artikel yang sudah ada di situsmu atau langsung saja copy- paste untuk disebarkan pada subscriber. Sederhana bukan ?. Namun, lebih baik diusahakan memberikan hal yang lebih istimewa pada subscriber Anda.

Ask & Answer Site

Membangun audiens atau fans adalah teknik marketing yang akan bertahan lama. Salah satu tipe situs yang dapat kita manfaatkan untuk hal tersebut adalah ask and answer site, situs bertanya dan menjawab.

Jadilah seorang ahli pada situs Ask and Answer, seiring dengan keaktifan Anda pada situs tersebut, orang – orang akan mulai mengenal Anda sebagai ahli pada suatu bidang. Aktiflah berkontribusi pada situs tersebut, seperti Oliver Emberton yang baru saja satu bulang ngeblog sudah mendapatkan trafik sebanyak 37k.

 

Kenapa ia bisa mencapai angka sebesar itu ?. Karena, ia telah membangun audiens yang besar di situs Quora.

Artikel terkait : Belajar SEO

Forum

Selain sebagai media untuk berdiskusi dan bercanda ria, forum juga sangat efektif untuk mendatangkan trafik.

Membangun audiens yang besar adalah kuncinya. Jadikanlah diriAnda sebagai sebuah brand, aktiflah di forum dan berikan bantuan kepada anggota forum yang memiliki masalah. Lambat laun, anggota forum akan mengenali Anda dan situs Anda.

Hasilnya apa ?. Jika Anda terus aktif, mereka tak akan segan untuk mengunjungi situs Anda. Ada beberapa forum yang cukup bisa diandalkan untuk mendatangkan trafik, seperti kaskus dan bersosial.

9 cara di atas belum semuanya saya praktekkan, karena, saya juga baru mengetahuinya dan sekarang memulai untuk mempraktekkannya. Jika ada kesalahan mohon maaf. Jangan ambil pusing, berikut kesimpulannya.

Buatlah sebuah artikel yang berkualitas dan memecahkan masalah yang ada.

Rubahlah format dari artikel tersebut menjadi slide, video, dan infografis, lalu sebarkan ke situs – situs seperti slideshare, youtube, vimeo, dan direktori infografis.

Kemudian, rewrite artikel yang ada pada blog Anda untuk disebarkan pada linkedIn, forum, dan email.

Jangan lupa untuk membangun audiens pada situs – situs media sosial dan Ask and Answer site.

Demikian, semoga bermanfaat dan mampu mendongkrak trafik situs Anda. Aamiin.

Sumber Referensi

http://neilpatel.com

Baca Juga Ini

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

5 thoughts on “9 Cara Meningkatkan Trafik Blog Kamu dengan Distribusi Konten”

  1. Jual Busana Muslim Murah says:

    mantap mas sharenya. beberapa telah saya lakukan, namun ada beberapa yang masih proses untuk mengerjakan backlinknya. terima kasih

  2. Al Mozta says:

    Sampai saat ini yang sudah saya coba cuma facebook. Kedepannya pinterest dan linkedIn akan saya coba.

  3. Jefry Dewangga says:

    Hmm kalau saya pribadi sih untuk meningkatkan trafik blog biasanya hanya mengandalkan share ke sosial media dan berkunjung ke blog lain. Menurut saya itu cara yg cukup efektif walaupun tidak menghasilkan trafik besar secara signifikan.

  4. DoNurdians says:

    menarik membaca artikelnya. distribusi konten memang sangat penting untuk kemajuan blog kita. makasih banyak atas ilmunya

  5. andi says:

    Bermanfaat sekali artikel di blog ini..
    saat ini saya belajar seo dan traffik blog, saya rasa situs anda bisa saya jadikan panduan..
    saya akan tunggu artikel selanjutnya yang berkaitan dengan seo dan cara meningkatkan trafik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × three =