Cara Menemukan Long Tail Keyword Berkualitas

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Long tail keyword merupakan salah satu materi pembelajaran tentang riset keyword. Long tail keyword juga merupakan salah satu komponen yang penting untuk meningkatkan trafik website Anda, serta mengoptimalkan optimasi SEO On Page.

Bagaimanakah cara menemukan long tail keyword tersebut agar trafik blog kita naik dan SEO On Page makin optimal?.

Pada artikel ini penulis akan membagikan empat cara menemukan long tail keyword yang hingga saat ini masih banyak dipakai oleh para pemula hingga expert. Apa saja cara – cara tersebut?.

Kenapa Harus Long Tail Keyword ?

Long Tail Keywords

Long Tail Keywords

Judul yang baik itu terdiri dengan jumlah kata ≥ 4 kata. Kenapa 4 kata ?. Umumnya orang – orang (netizen) yang mencari informasi di internet mengetikkan apa yang mereka cari dengan jumlah kata ≥ 4.

Kenapa harus long tail keyword ?

  • Karena, persaingan dari long tail keyword umumnya minim yang memungkinkan kita untuk mudah menduduki halaman pertama mesin pencari dengan long tail keyword.
  • Karena, long tail keyword umumnya dikunjungi oleh para pengunjung yang benar – benar membutuhkan informasi tentang suatu hal. Misalnya pengguna netizen yang hendak mencari informasi tentang obat jerawatumumnya pencari informasi mengetikkan apa yang mereka cari dalam 4 kata lebih, misalnya obat jerawat untuk remaja, obat jerawat alami ampuh, dll.
  • Karena, pada long tail keyword juga terdapat short (keyword pendek) yang memiliki pencarian tinggi, misalnya dalam long tail keyword obat jerawat alami ampuh, terdapat short keyword yang memiliki pencarian tinggi, yakni obat jerawat.Jadi, Anda memungkinkan untuk mendapatkan trafik yang lebih tinggi dengan mengoptimasi keyword obat jerawat.

Cara Mendapatkan Long Tail Keyword

Pada artikel ini kita akan menggunakan 4 metode menememukan long tail keyword, yakni Google Suggestion, Google Search Related to, UberSuggest.org, dan KeywordTool.io.

Serta, yang harus dimiliki untuk memulai mencari long tail keyword adalah keyword dasar atau keyword utama, misalnya pada artikel ini kita akan menggunakan keyword dasarnya “belajar grammar”.

Google Suggestion

Pertama, ketikkanlah kata kunci dasar yang sudah dipersiapkan. Misalnya, ketikkan saja keyword dasar Anda pada address bar (Google Chrome). Kemudian, setelah kalimat terakhir berilah spasi.

Google Suggestion

Cara Menemukan Long Tail Keyword

Lalu, masukkanlah beberapa huruf atau kalimat yang mungkin berhubungan dengan keyword dasar. Sederhananya, tambahkan saja huruf A – Z, lalu, Anda akan menemukan long tail keyword dengan instan.

Tutorial Menemukan Long Tail Keyword Tutorial Menemukan Long Tail Keyword

Kita hanya perlu mencatat long tail tersebut, lalu, menjadikannya sebagai artikel.

Google Search Related to

Masih menggunakan tool dari Google, selanjutnya Google Search Related to.

Pertama, ketikkanlah keyword dasar Anda pada Google, lalu, tekan Enter. Lalu, scrool halaman tersebut hingga ke bawah dan menemukan gambar seperti ini. Dari kumpulan – kumpulan keyword seperti gambar di bawah ini kita bisa mendapatkan long tail keyword yang memiliki kualitas tinggi.

Keyword – keyword yang ditampilkan pada Google Search Related to merupakan keyword – keyword yang biasa diketikkan oleh netizen dalam mencari informasi di Google.

Menemukan long tail keyword

Jika ingin menemukan long tail keyword lain, Anda bisa menambahkan satu kalimat lagi dari kalimat dasar, misalnya kata dasar (belajar grammar) ditambahkan satu kata lain baik di depan maupun di belakang (cara). Jadi, ketikkan misalnya cara belajar grammar di Google, lalu, tekan Enter.

Google Search Related To I

Hasilnya, kita akan mendapatkan pilihan long tail keyword lain.

UberSuggest.org

Dengan ubersuggest kita juga bisa memperoleh kata kunci panjang dengan mudah, kita hanya perlu menulis keyword dasar pada kolom keyword, lalu, memilih bahasa, dan menekan tombol suggest.

Tunggu sebentar, dan Anda akan disuguhi keyword berlimpah mulai dari huruf A – Z. Kita dapat mendapatkan long tail keyword yang tidak ditemukan pada Google Suggestion dan Google Search Related to.

Long Tail Keyword dengan Ubersuggest.org I

Keunggulan ubersuggest adalah kita bisa menemukan keyword dengan variasi yang unik dan menarik. Bahkan, kita bisa pula menciptakan artikel yang baru dengan keyword yang ditampilkan oleh ubersuggest.

KeywordTool.io

Secara fungsi hampir sama, namun, hasil yang ditampilkan tetap berbeda. Kita hanya perlu mengetikkan keyword dasar, nantinya, keywordtool.io akan menampilkan berbagai keyword (long tail keyword) yang berhubungan dengan keyword dasar yang Anda ketikkan.

Long Tail KeyLong Tail Keyword dengan Keywordtool.io word dengan Keywordtool.io II

Memilah Long Tail Keyword

Dari sekian banyak long tail keyword yang kita dapatkan, agar trafik maksimal ke situs kita. Yang perlu kita lakukan adalah tetap mempertahankan kata kunci dasar + kata kunci tambahan yang masih mungkin orang mengetikkan kata tersebut di mesin pencari.

Kata – Kata Ajaib

Selain dengan metode – metode di atas, kita juga dapat menciptakan sendiri long tail keyword dengan beberapa kata berikut ini.

Dengan kata – kata ini, pencari akan memiliki suggesti yang lebih pada pikiran mereka untuk membaca artikel yang kita tulis. Apa saja kata – kata tersebut ?.

  • Mudah
  • Murah
  • Terbaik
  • Spesial
  • Rahasia
  • Cara
  • Tip
  • Cepat
  • Tanpa Ribet
  • Pemula
  • Sukses

Kita hanya perlu menambahkan kata – kata suggesti di atas, baik di awal maupun di akhir judul artikel.

Demikian saja pembahasan mengenai cara menemukan/mencari long tai keyword. Semoga memberikan manfaat kepada pembaca.

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

2 thoughts on “Cara Menemukan Long Tail Keyword Berkualitas”

  1. Agus Maulani says:

    Kalau untuk menentukan Long Tail keyword yang low competion tentunya banyak di ketik orang

    Sangat membantu artikelnya..

  2. Dravide says:

    Wah, sangat membantu mas. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 − nine =