Cara Menulis Artikel SEO dan Human Readable

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn5Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Bagaimana cara menulis artikel seo dan berkualitas?. – Artikel berkualitas merupakan salah satu faktor yang paling menentukan rangking suatu website pada mesin pencari. Artikel dengan kualitas konten yang terbaiklah yang bisa berada pada halaman pertama mesin pencari, terutama google.com.

Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel untuk blog, pertama human readable, kedua seo friendly. Human readable berarti mudah dipahami oleh pembaca, dan seo friendly berarti teroptimasi pada mesin pencari.

Membuat artikel berkualitas merupakan langkah awal sebelum Anda lanjut pada optimasi off page SEO. Nah, permasalahannya adalah bagaimana cara menghasilkan konten yang berkualitas tersebut ?. Mungkin latar belakang Anda bukanlah sastra, namun, bagaimana cara menghasilkan konten yang berkualitas ?.

Cara Membuat Artikel Blog Berkualitas 2015

Cara Membuat Artikel Blog Berkualitas 2015

Walaupun Anda tidak memiliki latar belakang sastra, salah satu cara untuk membuat konten yang berkualitas adalah rajin membaca. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat konten yang berkualitas sekalipun Anda adalah seorang pemula atau tidak memiliki latar belakang sastra.

Artikel terkait : Belajar SEO

Cara Membuat Artikel Berkualitas [ Terbukti ]

Mencari Ide Tulisan

Ide adalah kunci dalam menulis artikel yang berkualitas. Tanpa ide kita tidak akan tahu jalan yang harus ditempuh dan batas – batasnya. Jadi, langkah pertama adalah menemukan ide tulisan yang hendak dibuat.

Dalam dunia blogging, salah satu sumber ide tulisan yang hendak dibuat adalah dengan riset keyword. Bila di media cetak majalah dan koran adalah sumber ide yang sangat pas.

Mencari Isi dari Ide Tulisan

Berikutnya adalah mencari pembahasan – pembahasan yang menyangkut ide tulisan tersebut.

Bila Anda menggunakan internet, majalah, atau koran, carilah 3 sumber tulisan yang dengan pembahasan berbeda, namun, dengan topik yang sama. Misalnya, Anda hendak menulis tentang tips belajar bahasa inggris. Carilah 3 sumber yang membahas tips – tips tersebut.

Memahami Isi 3 Sumber

Langkah berikutnya adalah memahami isi atau pembahasan dari 3 sumber yang telah Anda cari. Pahamilah setiap paragrafnya, lalu, temukan pokok – pokok pembahasannya.

Setelah Anda menemukan pokok – pokok bahasannya, jangan lupa untuk dituliskan.

Menuliskannya

Berikutnya adalah mulailah untuk menuliskan apa yang telah Anda pahami. Tulis apa saja yang teringat oleh Anda, apapun masalah yang muncul, tulis apa yang Anda ingat. Teruslah menulis bagai air yang mengalir, walaupun ada kesalahan teruslah menulis, menulis tanpa koreksi. Tulislah hingga akhir, hingga tidak ada lagi ide – ide yang tersisa.

Setelah tertuang, istirahatlah beberapa menit atau jam untuk menulis kembali.

Koreksi

Ini adalah waktunya Anda untuk membuat tulisan yang benar – benar berkualitas. Tulisan yang telah selesai kita buat sesuai dengan hati, bagai air mengalir, kita edit dan perbaiki. Baca lagi sumber yang telah Anda dapatkan, lalu, koreksilah agar artikel terlihat lebih padat dan jelas, sehingga mudah dimengerti.

Proses ini memang tidak mudah, membutuhkan waktu dan latihan. Teruslah mencoba dan mencoba.

Saya masih teringat ketika awal menulis di blog dengan jiwa seorang pemuda, karena, permulaan memang tulisan saya ada yang baca, namun, mereka tidak tertarik dengan isinya. Melihat hal ini, saya mulai termotivasi untuk rajin membaca dan membaca. Alhamdulillah, beberapa tulisan berikutnya saya lahirkan, banyak yang baca dan banyak pula yang komentar. Hal ini menandakan jika kita terus berlatih, hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha.

Cara Membuat Artikel Menjadi SEO Friendly

Setelah kita melahirkan sebuah konten  yang berkualitas dengan langkah – langkah seperti di atas, selanjutnya adalah kita menjadikan artikel tersebut menjadi SEO Friendly, teroptimasi SEO On Page.

Inti dari SEO On Page adalah peletakan keyword di dalam artikel. Jadi, sebelum lanjut optimasi On Pagenya, carilah keyword – keyword yang berhubungan dengan apa yang Anda bahas.

Keyword Pada Judul

Judul merupakan indikator pertama yang akan dinilai oleh mesin pencari. Apabila judulnya A maka pembahasan akan berhubungan dengan A. Jadi, buatlah judul dari artikel Anda mengandung keyword yang ditargetkan. Lalu, tambahkanlah kata pembujuk, seperti rahasia, ampuh, cepat, mudah, murah, terbaik, terpercaya, dsb agar pengguna internet tertarik untuk membaca artikel Anda.

Keyword          : Belajar Gitar

Judul Artikel    : Cara Hebat Belajar Gitar dengan Mudah dan Cepat

Keyword Pada URL

Setelah judul, mesin pencari akan memperhatikan URL dari sebuah artikel. Buatlah URL dari artikel pada blog Anda mengandung kata kunci yang ditargetkan.

Non Keyword   : http://testes.com/134245

Keyword          : http://testes.com/belajar-gitar-gratis

Keyword Pada Awal Kalimat dan Paragraf

Sisipkan keyword yang Anda targetkan pada awal kalimat, usahakan pada 10 kalimat pertama dari artikel Anda mengandung keyword. Serta, pada paragraf pertama usahakan mengandung keyword – keyword yang ditargetkan.

Keyword Variasi Pada Setiap Paragraf

Berikutnya adalah tambahkanlah keyword – keyword pendukung yang berhubungan dengan keyword yang Anda targtkan pada setiap paragraf. Misalnya, keyword yang kita targetkan adalah belajar gitar. Contoh keyword pendukung yang dapat ditambahkan pada setiap paragraf, seperti cara belajar gitar dengan mudah, cara belajar gitar untuk pemula, cara belajar gitar terbaru, dll.

Keyword Pada H1, H2, dan H3

Berikutnya adalah tambahkan sub judul yang mengandung keyword pada artikel Anda. Biasanya ini disebut sebagai Heading 1, Heading 2, dan Heading 3.

Pada artikel ini contoh dari Heading 2 adalah kalimat Cara Membuat Artikel Berkualitas [ Terbukti ].

Keyword Pada ALT Tag Gambar

Optimasi SEO On Page berikutnya adalah menambahkan gambar yang telah teroptimasi on page pula, biasa disebut ALT Tag dari gambar.

Keyword Pada Akhir Artikel

Tambahkan pula kata kunci – kata kunci pada akhir dari artikel. Anda dapat membuat semacam ucapan terima kasih telah membaca artikel [Judul]. Lihat artikel ini sebagai contohnya.

Keyword Pada Meta Title

Agar artikel lebih disukai oleh mesin pencari, tambahkanlah keyword pada meta title, bila Anda menggunakan Plugin WordPress SEO. Form untuk meta title akan mudah dijumpai.

Keyword Pada Meta Description

Sama halnya dengan meta title, meta description bertujuan agar artikel kita lebih disukai oleh mesin pencari, Anda dapat menggunakan plugin agar tersedia form meta description secara otomotis.

Keyword Pada Meta Keyword

Meta keyword juga dapat Anda tambahkan agar artikel lebih teroptimasi sempurna. Jika kita menggunakan platform WordPress, dengan tambahan plugin untuk meta title, description, dan keyword akan lebih mudah mengoptimasinya.

Untuk blogger, ada kode khusus untuk optimasi meta tagnya.

Keyword Pada Tags

Selanjutnya jangan lupa untuk menambahkan keyword pada taggar yang telah ada baik itu pada blogger maupun wordpress.

Artikel Minimal 400 Kata

Selanjutnya, usahakan untuk menulis artikel dengan jumlah kata tidak kurang dari 400 kata. Karena, hal ini sangat menentukan sebuah artikel pada mesin pencari. Mesin pencari menyukai artikel – artikel dengan pembahasan yang mendalam dan lengkap.

Jadi, lebih dari 400 kata mengindikasikan artikel diulas lebih mendalam dan sempurna.

Video

Agar artikel lebih disukai oleh pembaca, tambahkan pula video yang berhubungan dengan artikel tersebut. Anda dapat mencarinya pada situs youtube atau situs berbagi video lainnya.

Internal Link

Jangan lupa untuk menambahkan internal link pada artikel Anda, tambahkanlah link yang menuju artikel – artikel lain pada blog Anda.

Apabila Anda telah mulai lancar dalam menulis, kedua hal ini akan lebih mudah terasa. Cukup dengan satu kali menulis, human readable dan seo friendly telah otomotis berpadu menjadi satu.

Jangan pula menghilangkan keterkaitan antar kalimat dengan optimasi SEO. Usahakan agar setiap kalimat saling berhubungan dan seo tetap teroptimasi.

Demikian pembahasan mengenai cara menulis artikel yang berkualitas, human readable dan seo friendly. Tetap berlatih menulis dan seiring waktu artikel yang Anda buat akan secara otomatis menjadi human readable dan seo friendly.

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Artikel Berkualitas Human dan SEO Friendly. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Ini

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn5Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − four =