Blueprint Cara Menentukan Kompetisi Suatu Keyword

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn2Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Membangun blog yang sukses dan menghasilkan tidak terlepas dari suatu keyword. Dengan keyword – keywordlah suatu website mendapatkan trafik atau kunjungan dari pengguna internet.

Salah satu hal yang penting dalam optimasi keyword adalah kompetisi atau tingkat kesulitan untuk suatu keyword agar bisa mencapai halaman pertama mesin pencari (Google).

Sudut pandang apakah suatu keyword itu susah atau tidaknya tergantung pada kemampuan SEO yang kita miliki. Setidaknya, artikel ini dapat membantu untuk menjadi acuan apakah keyword yang Anda bidik memiliki kompetitor yang kuat atau tidak. Jika kompetitor kuat, maka, kita harus membangun keyword yang dibidik dengan kekuatan yang melebihi kompetitor tersebut.

Baca juga ini : Cara Mendapatkan Backlink

Kompetitor Keyword

Kompetitor Keyword

Apa Langkah yang Saya Lakukan untuk Melihat Kekuatan Kompetitor ?

Dalam ngeblog saya biasanya mengambil langkah yang sederhana saja ;

pertama, riset keyword
kedua, cek DA & PA dari kompetitor, serta, kualitas artikel kompetitor
ketiga, buatkan artikel yang komplit dan berkualitas
keempat, optimasi artikel yang telah kita tulis dan suntikan backlink.

Pentingnya Mengetahui Kompetisi Keyword

Siap untuk perang berarti kita sudah mengetahui atau sudah memperkirakan kekuatan dari musuh yang kita hadapi.

Begitu pula dalam dunia blogging. Untuk mengincar suatu keyword sebaiknya kita mengetahui dahulu bagaimana kekuatan dari kompetitor. Dengan mengetahui kekuatannya, setidaknya kita sudah tahu langkah – langkah sederhana yang akan kita ambil untuk mengalahkan kompetitor tersebut.

Artikel utama : Belajar SEO for Newbie

Yang terpenting, berikan konten dengan kualitas yang ekstra untuk pembaca.

Cara Mengetahui Kesulitan Suatu Keyword

Pada pembahasan ini, saya akan memberikan 4 (empat) cara yang dapat Anda gunakan sebagai acuan kesulitan suatu keyword. Berikut ulasannya :

Mengetahui Jumlah Kompetitor yang Sebenarnya

Cara ini merupakan cara yang saya temukan dari ebooknya Agan Khalid yang berjudul 4 Step Mengetahui Real Competitors Sebuah Keyword di Google.

Cara ini dapat Anda gunakan TERUTAMA sekali untuk mengetahui JUMLAH dari kompetitor yang Anda hadapi.

Untuk mengetahui tingkat kesulitannya, Anda dapat menggunakan cara berikutnya. Caranya Agan Khalid ini lebih diutamakan untuk mengetahui jumlah lawan yang Anda hadapi di Google untuk sebuah keyword.

Pertama, buka situs Google.com dan ketikkan keyword yang Anda targetkan.

Mengetahui Kesulitan suatu Keyword Agan Khalid

Kedua, tambahkan quote (tanda kutip) pada keyword yang Anda targetkan.

Mengetahui Kesulitan suatu Keyword Agan Khalid II

Ketiga, tambahkan kode &start=990 di ujung URL pada browser Anda.

Mengetahui Kesulitan suatu Keyword Agan Khalid III

Keempat, scrool halaman pencarian Google ke paling bawah dan lihat apa yang ditampilkan oleh Google yang memberitahu Anda bahwa jumlah kompetitor yang menargetkan keyword “belajar grammar” ada 246 situs.

Mengetahui Kesulitan suatu Keyword Agan Khalid IV

Jadi, kompetitor Anda yang sebenarnya sejumlah 246 situs.

Indikator DA dan PA

DA atau PA merupakan kependekan dari (domain authority) dan (page authority). Jika diartikan ke Bahasa Indonesia, kedua indikator ini memiliki arti (wibawa domain) dan (wibawa halaman).

Layaknya dunia nyata jika wibawa seseorang tersebut tinggi tentu orang tersebut akan disegani dan tak mudah untuk ditaklukkan, jika wibawanya rendah tentu keseganan dari orang lain berkurang dan mudah untuk ditaklukkan.

Begitu pula dengan sebuah keyword, apabila kompetitor dari sebuah keyword memiliki DA dan PA (wibawa) yang tinggi tentu akan sulit untuk mengalahkannya. Namun, jika renah tentu kita akan lebih mudah untuk mengalahkannya.

Domain authority dan page authority dapat kita gunakan sebagai acuan untuk menentukan kompetisi atau kesulitan suatu keyword. Bagaimana caranya ?.

Untuk mengetahui DA dan PA dari sebuah website/blog kita harus menginstall dahulu add-on MOZ atau SEOQuake. Dalam pembahasan ini saya akan menggunakan add-on MOZ.

Anda hanya perlu menuju ekstensi atau toko Google Chrome, lalu, carilah add-ons MOZ. Lalu, tekan tambahkan.

Install MOZ BAR

Setelah add-ons telah ditambahkan, ikutilah langkah – langkah berikut ini.

Pertama, ketikkan kata kunci/keyword yang Anda targetkan di mesin pencari (Google). Kita akan menggunakan keyword belajar grammar dan cara mendapatkan backlink sebagai contohnya.

Menganalisan Kesulitan Keyword

Menganalisan Kesulitan Keyword

Menganalisan Kompetisi Keyword

Kedua, lihat DA dari kompetitor Anda, mulai dari rank 1 s.d 10. Jika rata – rata DA dari top ten kurang dari 35 berarti keyword tersebut kompetisinya tergolong mudah dan menengah.

Kemudian, lihat PA dari kompetitor Anda, mulai dari rank 1 s.d 10. Jika rata – rata PA dari top ten kurang dari 30 berarti keyword tersebut kompetisinya tergolong mudah dan menengah.

Jika mendapatkan hasil seperti indikator di atas, Anda dapat mengambil keyword tersebut untuk dijadikan artikel.

Jika Anda mendapati kompetitor yang menggunakan web 2.0, seperti blogger.com, wordpress, tumblr, dsb cukup perhatikan PA (page authority)-nya saja.

Indikator Kualitas Artikel Kompetitor

Content is the king. Pernyataan ini memang benar dan tepat, sekarang ini orang – orang mencari informasi yang lengkap dan menjawab segala pertanyaan yang mereka miliki terhadpa suatu hal. Dengan konten yang lengkap dan berkualitaslah mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Indikator lain yang dapat kita gunakan untuk mengetahui kesulitan suatu keyword adalah dengan melihat kualitas artikel dari kompetitor – kompetitor.

Kita hanya perlu melihat jumlah kata, SEO on page, dan pembahasan dari kompetitor. Apabila jumlah katanya >500, on page maksimal, dan pembahasannya juga mendalam kompetitor Anda berarti memiliki kekuatan yang kokoh. Agar bisa mengalahkannya, sebaiknya Anda juga membuat konten dengan kualitas yang lebih.

Berikut contoh indikator kualitas suatu tulisan dari kompetitor.

Mengetahui Kompetisi dengan Cek Kualitas Konten

EF.co.id merupakan situs kursus bahasa inggris. Jika dilihat dari jumlah katanya, artikel ef.co.id ini masih sedikit. Dari segi on page, sudah teroptimasi jika dilihat dari penggunaan keywordnya.

Jadi, dari segi kualitas konten, keyword belajar grammar tergolong mudah dan menengah. Anda dapat mengalahkan kompetitor dengan menyajikan konten yang pembahasan mendalam, SEO on page, dan suntikan backlink berkualitas.

Jika dilihat kenapa ef.co.id dengan konten yang jumlah katanya sedikit bisa menduduki halaman pertama Google, karena, ef.co.id memiliki  backlink yang lumayan banyak dan berkualitas.

Term Explorer

Indikator tambahan yang dapat kita gunakan pula sebagai acuan untuk mengetahui kompetisi suatu keyword adalah dengan menggunakan tool Term Explorer. Walau premium, Anda dapat menggunakan akun gratis untuk mengecek 5 keyword.

Caranya, pertama, buka situs ini http://termexplorer.com.

Kemudian, daftarlah menjadi seorang member dan pilih bagian keyword analyzer.

TermExplorer

Ketiga, masukkan 5 keyword yang hendak Anda bidik pada form yang telah disediakan. Anda dapat menyesuaikan, apakah dengan Google.com atau Google.co.id di menu select a country. Kemudian, tekan tombol start project.

TermExplorer II

Keempat, Anda dapat menilai kesulitan suatu keyword dengan melihat kolom bagian Dificulty. Jika angka yang ditunjukkan sudah berwarna merah, berarti keyword yang Anda targetkan memiliki kompetisi yang sulit. Namun, jika hijau dan biru kompetisinya berada di golongan mudah dan menengah.

TermExplorer III

Nah, demikian saja pembahasannya mengenai cara menentukan kesulitan suatu keyword.

Kesulitan suatu keyword tergantung pada diri kita sendiri, jika Anda hendak mengincar keyword yang memiliki kompetisi menengah atau sulit berusahalah untuk mengoptimalkan artikel dengan kualitas yang tinggi dan optimasi off page yang juga optimal.

Semoga bermanfaat.

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn2Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published.

11 − 11 =