Cara Optimasi SEO On Page pada Konten WordPress

Please Share
Share on Facebook3Share on LinkedIn2Share on Google+12.5kTweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Mengapa optimasi SEO on page begitu penting dalam membangun sebuah website authority ?. Apakah optimasi SEO on page tersebut hanya ada pada penggunakan keyword di berbagai tempat ?. Pertanyaan sederhana mengenai SEO on page yang akan kita bahas pada artikel ini.

SEO on page merupakan indikator awal bagaimana mesin pencari merangking suatu situs yang hendak mereka tampilkan pada mesin pencari mereka. Dengan seo on page yang bagus, suatu situs telah berhasil melewati setengah jalan untuk menjadi top ten di mesin pencari.

Saya pernah bertanya kepada seorang SEO leader dari suatu situs populer di Indonesia. Saya menanyakan bagaimana ia bisa merajai top ten di mesin pencari dengan keyword persaingan yang berat, serta suntikan  backlink yang hanya beberapa buah saja.

Tak lama menunggu, chat saya dibalas. SEO leader tersebut hanya menjawab sederhana saja, ia memberitahu saya bahwa kualitas dari suatu artikel itulah yang utama. Artikel yang dibuat tersebut harus memecahkan masalah dari pembacanya, serta menjawab segala pertanyaan yang berada di benak pembaca. Jadi, artikel itu sebaiknya komplit dengan pembahasan yang mendalam.

Jadi, sebaiknya jika Anda tidak menggunakan content writer, tidak ada salahnya untuk membaca buku – buku tentang dunia penulisan.

Setelah kualitas artikel, kita perlu mengoptimasi artikel tersebut agar mengandung kata kunci yang ditarget dengan tepat. Inilah yang disebut sebagai optimasi SEO on page. Jika kualitas artikel telah ada, maka, untuk mewujudkan optimasi SEO on page akan lebih mudah.

Berikut langkah – langkah cara optimasi seo on page pada konten wordpress :

Cara Optimasi SEO On Page pada Konten WordPress

Optimasi SEO On Page WordPress

Optimasi SEO On Page WordPress

Sebelum lanjut pada pembahasannya, yang perlua Anda siapkan adalah kata kunci target dan kata kunci variasi dari target tersebut.

Langkah pertama optimasi seo on page adalah menggunakan judul yang mengandung kata kunci target disertai kata – kata yang “menjual”. Menjual disini memiliki maksud, kata tersebut membuat orang lain tertarik untuk membacanya.

Langkah Pertama Optimasi SEO ON Page WordPress Pada Konten

Pada contoh ini penulis menggunakan kata kunci target “menemukan ide bisnis”. Nah, untuk kata yang menjualnya penulis menggunakan “ala dirimu sendiri”.

Langkah kedua optimasinya adalah menggunakan URL yang mengandung kata kunci, sebaiknya kata kunci target. Setelah diedit, jangan lupa untuk mengklik tombol OK.

Langkah Kedua Optimasi SEO On Page dengan Mudah pada WordPress

Langkah ketiga adalah menempatkan keyword atau kata kunci utama pada awal paragraf konten Anda. Lihat gambar di bawah agar lebih jelas. Anda bisa saja memasukkan ulang judul pada paragraf awal lalu diberi tanda strip dan dilanjutkan dengan kalimat pembahasan.

Langkah Ketiga Optimasi SEO On Page pada Konten WordPress

Usahakan kata kunci terdapat pada 10 kata pertama dan awal paragraf pertama dari konten Anda.

Sebaiknya kata kunci tersebut juga dibold, italic, atau underline.

Langkah keempat adalah menggunakan heading 2 dan heading 3 atau kita lebih kenal sebagai sub judul. Nah, pada sub judul tersebut kita juga sisipkan keyword yang kita targetkan. Usahakan menggunakan H2 dan H3 dalam konten situs Anda.

Untuk setting H2/H3 tersebut dapat Anda klik pada tulisan “Paragraph” pada bagian menu – menu.

Langkah Keempat Optimasi SEO ON PAGE

Langkah kelima optimasinya adalah memasukkan kata kunci yang kita target pada akhir dari konten. Masukkanlah keywordnya pada kata – kata penutup artikel. Anda dapat melihat contohnya pada gambar di bawah ini.

Langkah Kelima SEO On Page pada WordPress

Langkah keenam adalah mulai optimasi SEO on page dengan menggunakan plugin, pada kesempatan ini penulis menggunakan plugin AIO seo pack. Walaupun Anda menggunakan plugin Yoast SEO, hal ini bukanlah suatu permasalahan.

Langkah Keenam Optimasi SEO on Page Mudah

Title diisi sama dengan judul pada konten Anda.

Description diisi dengan deskripsi singkat tentang konten Anda. Untuk 10 kata pertama deskripsi usahakan mengandung berbagai keyword yang ditargetkan. Description diisi dengan karakter kurang dari 160 karakter.

Keyword diisi dengan kata kunci atau keyword yang ditargetkan.

Langkah ketujuh optimasi seo on page adalah menambahkan tags mengenai artikel pada kotak tags. Tambahkanlah tags yang mengandung kata kunci – kata kunci yang Anda targetkan. Buatlah 2 sampai 5 tags mengenai konten tersebut.

Optimasi On Page Tag

Langkah kedelapan seo on page 100% adalah menambahkan gambar pada konten. Gambar juga berfungsi agar kebosanan tidak menghampiri pembaca situs Anda. Serta, gambar juga berfungsi untuk mendukung optimasi SEO On Page tersebut.

Langkah Kedelapan SEO On Page pada Konten Blog WordPress

Jangan lupa gambarnya juga diatur agar menjadi SEO friendly.

Itu saja 8 langkah optimasi SEO on Page. Hal – hal lain yang perlu Anda tambahkan untuk mendukungnya adalah, sebagai berikut :

  1. Tambahkanlah internal linking pada konten.
  2. Tambahkanlah outbond link ke situs – situs terpercaya, seperti http://wikipedia.com.
  3. Tambahkanlah video youtube pada konten tersebut.

UPDATE !

[ TAMBAHAN DARI JEFRY DEWANGGA ]

Poin terakhir yang menyarankan untuk menambahkan video youtube ke blog sebaiknya tidak secara langsung menyisipkan kode embed dari youtube, karena akan membuat loading blog lama. Cara terbaik adalah dengan hanya menampilkan thumbnail videonya dan ketika thumbnail tersebut di klik akan memuat video.

Update SEO On Page WP

Hal utama dan terutama dari optimasi SEO baik itu seo on page maupun seo off page adalah kualitas konten. Karena, dengan konten yang berkualitas semuanya akan lebih mudah, termasuk mudah untuk masuk ke halaman pertama Google.

Walaupun konten yang kita publish nantinya tidak mencakup segala poin – poin seperti yang disebutkan di atas, konten kita masih berpeluang besar untuk berada di halaman pertama Google, jika itu merupakan konten yang berkualitas.

Bagaimana bentuk konten yang berkualitas tersebut?.

  1. Memiliki pembahasan yang lengkap.
  2. Pembahasannya mampu menjawab kemungkinan pertanyaan – pertanyaan dari pembaca mengenai topik yang sedang dibahas.
  3. Memiliki struktur navigasi yang tepat.

Nah, jangan lupa ya, kualitas artikel adalah hal nomor satu dalam dunia SEO. Jadi, berikanlah yang terbaik. Setidaknya artikel tersebut memiliki jumlah kata minimal 400 atau 500 kata.

Demikian saja pembahasan mengenai cara optimasi SEO on page total pada konten wordpress. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga Ini

Please Share
Share on Facebook3Share on LinkedIn2Share on Google+12.5kTweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

6 thoughts on “Cara Optimasi SEO On Page pada Konten WordPress”

  1. prambudi says:

    Keren mas, panduannya runtut dan mudah dipahami. Contoh aplikasi di tiap sub babnya benar-benar menunjukkan kalau penulis tidak asal dalam memberikan panduan. Trima kasih atas sharenya. 🙂

  2. Jefry Dewangga says:

    Poin terakhir yang menyarankan untuk menambahkan video youtube ke blog sebaiknya tidak secara langsung menyisipkan kode embed dari youtube, karena akan membuat loading blog lama. Cara terbaik adalah dengan hanya menampilkan thumbnail videonya dan ketika thumbnail tersebut di klik akan memuat video. 🙂

  3. Reyhan Ivandi [ADMIN] says:

    Wah ilmu baru, terima kasih banyak tambahannya gan. Semoga tetap bisa saling sharing. 🙂

  4. Jefry Dewangga says:

    Iya mas sama-sama, 🙂 Kemarin aku baru ngepos mengenai cara tersebut.

  5. lasealwin says:

    Dahsyat tutorialnya mas. Beberapa sudah saya terapkan namun beberapa lagi belum. Terimakasih

  6. Indra says:

    Pembahasan tentang SEOnya sangat bermanfaat, saya dalam membuat artikel di blog yang saya miliki tidak mementingkan kata kunci, setelah membaca artikel ini saya jadi lega, kualitas artikel ternyata bisa juga membuat blog nangkring diposisi Google…Makasih infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen + fourteen =