Strategi Memasang Backlink Blog yang Efektif

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+1Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

Apa strategi dalam memasang backlink?. Dalam dunia blogging tentu kita tidak asing lagi dengan backlink. Mengenai backlink itu sendiri mungkin ada berbagai pertanyaan, seperti apa itu backlink, cara mendapatkan backlink, dan strategi mendapatkan backlink.

SEO Marketing

Nah, pada kali ini kita akan  berbicara mengenai stategi dalam memasang backlink, berikut ulasannya.

Backlink merupakan salah satu indikator penting dalam proses SEO. Dengan backlink pulalah Google merangking suatu situs untuk menetap di halaman pertama mesin pencari. Semakin berkualitas backlink yang kita tanam, semakin besar pula kesempatan kita untuk meraih halaman pertama Google sesuai kata kunci yang kita targetkan.

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tersebut kita harus membutuhkan strategi yang tepat agar backlink yang kita tanam tidak sia – sia. Apa sajakah strategi – strategi dalam menanam backlink tersebut?.

Baca juga ini : Cara Mendapatkan Backlink 2016

Strategi Memasang Backlink untuk Blog

Pasanglah di Situs Berauthority

Maksud dari kata memasang, menanam, atau mendapatkan backlink, yakni meletakkan link web kita pada situs lain. Jadi, ketiga kata ini memiliki makna yang sama.

Stategi pertama adalah pasanglah backlink di situs yang memiliki authority yang tinggi. Authority tersebut dapat kita nilai dari angka DA (domain authority) dan PA (page authority) dari situs yang hendak kita tanami backlink. Semakin tinggi angka DA dan PA yang ditunjukkan, semakin baik pula kualitas backlink tersebut.

Minimal pasanglah backlink di situs yang memiliki DA dan PA lebih dari 20 ( > 20).

Outbond Link Rendah

Strategi kedua adalah pasanglah backlink di situs – situs yang memiliki outbond link rendah. Maksud dari outbond link rendah, yakni link yang keluar dari halaman suatu situs ke situs lain tidak banyak.

Sebaiknya, pemasangan backlink kita lakukan pada halaman situs yang memiliki outbond link tidak lebih dari 50.

Bagaimana cara mengetahui jumlah outbond link tersebut?.

Caranya adalah mengecek secara manual dengan melihat secara langsung link yang keluar, misalnya, dari jumlah komentar yang ada. Apabila lebih dari 50, sebaiknya, pilih situs lain untuk pemasangannya.

Variasikan Sumber – Sumber Backlink

Yang tak kalah penting adalah variasi dari tipe situs yang kita tanami backlink tersebut. Contoh dari tipe – tipe situs untuk pemasangan backlink, seperti forum, web 2.0, wiki, edu, social network, dan video sharing.

Jangan hanya tanam backlink pada satu tipe situs saja, misalnya backlink hanya pada forum saja.

Sebaiknya, gunakan lebih dari 5 tipe situs untuk pemasangan backlink. Rekan – rekan bisa memadukan antara forum, web 2.0, edu, social network, video sharing, dan wiki.

Gunakan Variasi Anchor Text

Pemasangan backlink juga tak akan lepas dari penggunaan anchor text atau text yang memiliki link.

Dalam penanaman backlink, sebaiknya backlink yang kita tanam memiliki anchor text yang bervariasi.

Berikut contoh dari pengaplikasian penggunaan anchor text :

Kata kunci yang kita target : Cara Membuat Blog

Kata kunci turunan : Cara membuat blog pemula, cara membuat blog di blogger, cara membuat blog dengan gratis.

URL : http://prolapak.com/cara-membuat-blog

Nah, dari data – data di atas, kita dapat menggunakan semuanya menjadi anchor text dengan persentasi sebagai berikut :

Kata kunci yang ditarget : 20%

Kata kunci turunan : 40%

URL  : 40%

Angka – angka di atas tidak memiliki nilai kepastian, intinya, usahakan tidak menanam backlink dengan persentasi kata kunci yang ditarget lebih banyak daripada anchor text yang lain. Sebaiknya, gunakan URL sebagai anchor text agar backlink lebih terlihat natural.

Jauhkan Spamming

Spamming merupakan tindakan yang paling tidak disukai oleh Google. Apapun yang mengenai spam, sebaiknya kita jauhkan, karena, backlink spam juga akan memperburuk citra situs bagi Google.

Contextual Backlink

Berikutnya adalah backlink yang kita tanam usahakan berada dalam konten. Maksud dari backlink di dalam konten, yakni backink berada di dalam postingan, bukan dari komentar atau sidebar.

Demikian saja pembahasan mengenai strategi dalam pemasangan backlink. Bagi rekan – rekan yang ingin mempelajari tentang backlink lebih lanjut, rekan – rekan bisa mengunjungi halaman berikut ini http://prolapak.com/belajar-seo. Semoga artikel ini bermanfaat, mohon bantuan sharingnya.

Baca Juga Ini

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+1Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone