Strategi Pemasaran Laris dengan Youtube Marketing

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone
Youtube Marketing

Youtube Marketing

Strategi Youtube Marketing 2016 – hari ini adalah hari pertama berlakunya perdagangan bebas antar negara di Asia Tenggara yang masuk dalam organisasi ASEAN. Dengan perdagangan bebas se-Asia Tenggara tersebut, barang dari luar negeri akan lebih mudah masuk dan keluar dalam suatu negara. Apa langkah yang harus kita ambil agar bisa berpartisipasi dalam MEA 2016 tersebut?.

Diam dan siap dijajah oleh produk – produk buatan luar negeri?.

Tentu saja tidak, ini adalah saatnya kita untuk membangun bisnis dengan produk – produk ypang siap terbang ke mancanegara. Bagaimanakah cara agar produk kita bisa sampai ke manca negara tersebut?.

Salah satu strategi pemasaran yang dapat kita gunakan adalah strategi internet marketing, yap, pemasaran melalui internet. Pada artikel ini kita akan membahas tentang strategi internet marketing dengan pemasarannya menggunakan situs youtube.com, karena itulah disebut sebagai Youtube Marketing.

Apa target kita dalam youtube marketing tersebut?.

  1. Menduduki posisi teratas pada halaman pertama mesin pencari Google sesuai kata kunci yang kita targetkan.
  2. Menduduki posisi teratas pada halaman pertama pencarian Youtube sesuai kata kunci yang kita targetkan.
  3. Mendapatkan penjualan dalam jangka waktu 24 jam setelah pemasaran kita lakukan.
  4. Meningkatkan omset 30% per bulan.

Strategi Youtube Marketing

Riset Kata Kunci Produk

Untuk riset keyword kita akan menggunakan dua tool yang efektif untuk mendapatkan keyword yang tepat, yakni Google Keyword Planner dan UberSuggest.

Sebagai contoh, penulis akan memberikan contoh bagaimana melakukan riset keyword bagi rekan – rekan yang berjualan tas. Mari kita ambil kata dasar dari berjualan tas, yakni “jual tas”. Lalu, ketikkan pada halaman Google Keyword Planner.

Pada gambar di atas kita dapat melihat grafik dan angka – angka yang menunjukkan jumlah pencarian kata kunci “jual tas” di Google. Dengan jumlah pencarian yang tinggi, hal ini dapat memberikan petunjuk bahwa prospek untuk berjualan tas secara online sangat tinggi.

Riset Keyword Youtube Marketing

Riset Keyword Youtube Marketing

Jika pembaca ingin hasil yang lebih spesifik, kliklah tulisan – tulisan yang berwarna biru.

Keyword Research Youtube Marketing

Kata kunci yang telah rekan – rekan dapatkan silahkan di download dengan menekan tombol unduh.

Nantinya, kata kunci – kata kunci tersebut akan kita gunakan langkah – langkah Youtube Marketing berikutnya.

Riset keyword berikutya adalah dengan menggunakan UberSuggest. Caranya, ketikkan keyword dasar Anda pada kotak yang tersedia, lalu pilih bahasa dan tekan suggest. Nanti akan tampak kata kunci – kata kunci yang berhubungan dengan jualan kita. Contohnya seperti gambar berikut.

Riset Keyword dengan Ubersuggest

Riset Keyword dengan Ubersuggest

Keyword – keyword yang telah kita dapatkan sebaiknya juga disimpan karena berguna untuk langkah berikutnya.

Pembuatan Video

Mau tak mau kita harus membuat video, karena, hanya video yang bisa kita unggah ke situs Youtube. Bagaimana cara membuat video di situs Youtube?. Saya memiliki beberapa tool yang akan memudahkan Anda membuat video di Youtube. Berikut list tool untuk membuat video Youtube tersebut :

Ms. Power Point

Tool pertama yang pernah saya gunakan adalah Microsoft Power Point 2010. Saya memilih Ms. Power Point 2010 karena dengan software ini kita bisa langsung melakukan convert dari format .ppt ke format .WMV.

Untuk mendesain video dengan menggunakan Ms. Power Point juga lebih mudah, karena, kita hanya drag and drop saja. Yang perlu kita butuhkan hanyalah kreatifitas mengolah dan mengunduh background yang mendukung.

Untuk Ms. Power Point di bawah 2010 saat ini tidak bisa langsung convert dari PPT ke VIDEO. Karena itu, sebaiknya kita mengunduh minimal Ms. Power Point 2010.

PowToon

Ini adalah video maker yang paling saya sukai karena selain navigasi yang mudah, kita juga dapat membuat video animasi sekreatif mungkin. Selain itu PowToon sangat saya sukai karena kita dapat dengan mudah membuat video marketing yang dilengkapi dengan karakter – karater yang profesional, serta template yang tersedia sangat menjual.

Namun, disayangkan untuk versi gratisnya kita tak bisa menggunakannya dengan leluasa.

Focusky

Focusky merupakan tool untuk membuat video animasi pemasaran kedua yang saya sukai. Kriteria yang ditawarkan hampir mirip dengan PowToon, mengedepankan animasi dan hanya dengan drag and drop kita bisa membuat video yang keren dan menjual.

Keunggulan dari Focusky dibandingkan dengan PowToon adalah banyaknya template profesional yang tersedia untuk versi gratisannya. Jadi, kita tetap bisa membuat video profesional yang menjual walau hanya dengan gratisan.

YouTube Editor

Pembuatan Video Youtube Marketing

Pembuatan Video Youtube Marketing

Nah, pada YouTube sendiri juga sudah menyediakan halaman editor yang akan memudahkan kita membuat video untuk situs tersebut.

Tool YouTube editor yang dapat kita gunakan untuk membuat video dengan sangat mudah, yakni “rangkai slide foto”. Dengan tool ini kita bisa membuat video walau hanya berasal dari gambar. Nantinya, gambar – gambar akan disatukan sehingga terbentuk video, seperti image gallery.

Jadi, jika hendak menggunakan tool ini yang perlu dipersiapkan hanyalah gambar yang berisi produk bisnis kita. Usahakanpula agar menjadikan gambar produk tersebut semakin menarik dan bernilai jual.

Rekaman

Alternatif versi prolapak.com yang keempat adalah merekam bisnis Anda. Di dalam video rekaman tersebut Anda dapat memperkenalkan profil dari bisnis, lalu, masuk pada penjelasan produk – produk bisnis.

Untuk tingkat kepercayaan dari konsumen, video marketing dengan rekaman memiliki kepercayaan lebih, karena, bisnis tampak lebih nyata dan sebagai pemilik usaha kita juga berada di dalam video.

Apa saja yang harus ada di dalam video marketing tersebut?.

Untuk pemasaran hard selling, beberapa bagian yang bisa dimasukkan dalam video, yakni :

  1. Your brand
  2. Alamat bisnis
  3. Kontak bisnis atau pemesanan
  4. Foto produk disertai deskripsi inti dari produk tersebut. Usahakan deskripsi tersebut to the point agar durasi video tidak terlalu lama
  5. Harga (opsional)
  6. Halaman website atau media sosial (jika ada)

Untuk pemasaran soft selling, beberapa bagian yang bisa dimasukkan dalam video, yakni :

  1. Your brand
  2. Materi atau konten yang disampaikan
  3. Kontak bisnis
  4. Website atau media sosial bisnis

Usahakan pula untuk membuat video dengan kualitas yang baik, agar penonton video Anda merasa nyaman dan bersedia menjadi pelanggan bisnis Anda.

Pembuatan Akun Youtube Marketing

Untuk pembuatan akun youtube marketing sebaiknya buatlah Gmail baru menggunakan brand dari bisnis Anda. Hal ini akan lebih memperlihatkan profesional kita dalam berbisnis, sehingga trusted dari pelanggan akan terbangun.

  1. Buat atau buka aku Gmail Anda.
  2. Kunjungilah halaman berikut https://www.youtube.com/create_channel, lalu, isilah kedua form dengan brand bisnis. Lalu, tekan create channel.
  3. Lengkapilah tentang, foto, dan sampul agar channel Anda terlihat lebih profesional.  Untuk deskripsi channel tambahkanlah selipkanlah tambahkanlah kata kunci target, ini berfungsi untuk SEOnya. Dan untuk bagian tautan tambahkanlah situs Anda.
Setting Youtube Channel

Setting Youtube Channel

Sampai langkah ketiga, akun youtube marketing siap untuk ditambahkan video – video marketing bisnis.

Upload Video

Untuk upload video, rekan – rekan hanya tinggal menekan tombol upload pada sudut kanan atas, lalu, memilih video yang hendak diupload. Lalu, menunggu hingga proses upload selesai.

Nah, pada saat upload kita akan menemukan kotak – kotak yang berisi judul, deskripsi, dan tag. Isilah sesuai dengan produk dari bisnis Anda, dan jangan lupa untuk tetap menambahkan keyword yang kita targetkan.

Optimasi SEO Youtube

Optimasi SEO Youtube

Pada bagian judul isilah dengan kata kunci yang kita targetkan, sebagai contoh kata kunci “jual tas”, Jual Tas Wanita Branded dan Trendy.

Untuk judul usahakan menggunakan huruf besar di awal katanya. Jika rekan – rekan ingin menambahkan nomor handphone pada judul, hal itu bukanlah masalah, misalnya 082383340000 | Jual Tas Wanita Branded dan Trendy.

Untuk bagian deskripsi, jelaskanlah mengenai produk yang Anda jual, keyword jangan pernah dilupakan, berikut contoh deskripsi :

kami menjual tas branded wanita dengan harga yang bersaing dan kualitas yang terjamin. Katalog lebih lengkap kunjungi …. Tambahkanlah dengan deskripsi yang lain.

Ingat Google dan Youtube tidak bisa membaca video, jadi, salah satu cara agar mereka dapat menilai apakah video kita itu layak ditampilkan di halaman atas atau tidak adalah dengan melihat deskripsinya. Jadi, sebaiknya buatlah deskripsi yang layaknya artikel.

Untuk bagian tag, isilah dengan keyword – keyword yang telah kita dapatkan dari hasil riset keyword. Tag tersebut berfungsi untuk menentukan related video pada YouTube. Jadi, sebaiknya kolom tag diisi lebih dari 8 kata kunci yang berhubungan dengan jualan kita.

Meraih Posisi Teratas Halaman Pertama

Berikut adalah infografi Bahasa Inggris tentang faktor yang akan memengaruhi rangking video di situs YouTube.

Infografis SEO Youtube

Infografis SEO Youtube

Untuk meraih posisi teratas pada halaman pertama khusus video youtube ada beberapa indikator yang harus kita penuhi. Berikut pembahasannya :

Keyword

Hal pertama yang sebaiknya kita perhatikan adalah penempatan keyword atau kata kunci pada video yang hendak diupload. Semakin banyak, bervariasi, dan relevan kata kunci yang kita tanam, maka besar kemungkinan video kita akan tampil di halaman pertama posisi teratas. Ada beberapa bagian yang dapat kita tanam kata kunci, berikut posisi – posisinya :

  1. Title
  2. Video File Name
  3. Description
  4. Tag
  5. Annotation
  6. Transcription

Social Sharing

Semakin banyak sharing pada video tersebut memberikan signal pada Google dan YouTube bahwa video tersebut disukai oleh pengguna internet dan memiliki manfaat yang besar.

Jadi, perbanyaklah sharing video yang telah Anda upload. Alternatif lain untuk social signal, Anda bisa menggunakan jasa social signal.

Number of Views

Sharing dan number of views tentu beriringan, semakin banyak sharing tentu orang yang akan melihat semakin banyak pula.

Semakin banyak orang yang melihat video kita, hal ini juga akan memberikan signal pada Google dan YouTube bahwa video tersebut layak untuk diletakkan pada posisi teratas.

Respons

YouTube juga menilai dari respon yang diberikan oleh pengguna YouTube. Semakin banyak like yang kita dapatkan tentu ini memberikan signal pada YouTube bahwa video yang kita tersebut memiliki manfaat yang hebat.

Backlink

Tidak hanya website atau blog yang dapat disuntikkan backlink. Video YouTube ternyata untuk mendapatkan posisi teratas juga perlu suntikan backlink berkualitas. Jadi, carilah sumber – sumber backlink berkualitas, lalu tanamkan pada URL video Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai YouTube Marketing dari PROLAPAK.COM. Jika pembaca memiliki tambahan dan koreksi silahkan salurkan melalui kolom komentar atau halaman kontak, karena, penulis bukanlah seseorang yang ahli dalam YouTube Marketing, namun, pernah memanfaatkannya sebagai media pemasaran bisnis.

Terima kasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat dan membawa dampak yang besar untuk bisnis pembaca.

Please Share
Share on Facebook0Share on LinkedIn0Share on Google+0Tweet about this on TwitterDigg thisEmail this to someone

One thought on “Strategi Pemasaran Laris dengan Youtube Marketing”

  1. lasealwin says:

    Luar biasa tutorialnya lengkap teman. Terimakasih. Salam enterpreuner Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 − one =